Yamaha

Longsor Bogor Akibat Tambang Ilegal? Begini Kata Polisi

  Senin, 13 Januari 2020   Husnul Khatimah
Kapolres Bogor, AKBP Mohammad Joni. (ayobogor/Husnul Khatimah)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Kapolres Bogor, AKBP Mohammad Joni, mengatakan pihaknya harus melibatkan ahli untuk mengetahui apakah longsor di Kabupaten Bogor disebabkan oleh aktivitas penambangan ilegal. 

"Kalau misalnya kita lihat berdampak lansung kita harus juga meminta dari saksi ahli karena lobang (tambang) sendiri memang tidak longsor dan lain-lain," ujar Joni, Senin (13/1/2020).

Sebelumnya diketahui bahwa polisi berhasil mengungkap tiga lokasi tambang emas ilegal di Kecamatan Cigudeg. Wilayah Cigudeg sendiri merupakan salah satu daerah yang terdampak bencana yang terjadi awal tahun 2020.

"Namun untuk misalnya terjadi longsor yang besar terjadi akibat (aktivitas penambangan) dari sini nanti kita periksa dulu dari keterangan ahli lingkungan dan lain-lain," kata Joni. 

Dia mengatakan berdasarkan pengamatan pihaknya di lapangan sejauh ini diketahui bahwa longsor disebabkan oleh tanah yang gampang terkikis. 

"Kalau dari beberapa pengamatan kita pada waktu turun ke lapangan memang ada beberapa longsor yang memang tanahnya gampang terkikis yang tadinya memang banyak pohon-pohon yang ditanam pada zaman perkebunan masih aktif tetapi sekarang kegiatan perkebunan tersebut sudah tidak ada kegiatan lagi sehingga tanah kosong, jadi gampang terjadi longsor disana," terang Joni. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar