Jalur Pulih, Kereta Api Lintas Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi
Oleh Husnul Khatimah, pada Jan 04, 2019 | 09:02 WIB
Jalur Pulih, Kereta Api Lintas Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi
Kereta pengangkut barang terparkir di titik longsor Jalur KA Pangrango.

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sejak Rabu (2/1/2019), perjalanan Kereta Api (KA) Pangrango relasi Bogor-Sukabumi  terpaksa dihentikan sebab jalur KA yang dilintasi diterjang longsor diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Penghentian operasi KA Pangrango sendiri dilakukan guna memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan KA. Tercatat ada 4 titik longsor di jalur lintas Bogor - Sukabumi yang mengganggu perjalanan KA dengan kedalaman 7 meter.

Executive Vice President  Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan pasca diterjang longsor pihaknya langsung bergerak cepat memperbaiki jalur yang menggangu lalulintas KA.

"Berkat kerja keras tim PT KAI Daop 1 yang berkerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam penanganan jalur yang terkena longsor tersebut, tidak dibutuhkan waktu lama dalam hal pemulihan jalur," ujar Dadan Rudiansyah, Jumat (4/1/2019).

Dia mengatakan usai perbaikan jalur rampung, ujicoba kelayakan jalur langsung dilakukan dengan menggunakan kereta lokomotif dan dipastikan jalur kereta telah bisa dilewati.

"Setelah dilakukan uji coba operasi menggunakan lokomotif, jalur Bogor - Sukabumi dinyatakan aman dan sudah bisa dilalui untuk perjalanan KA. Ini artinya, KA Pangrango relasi Bogor -Sukabumi sudah mulai beroperasi pada Jumat 4 Januari 2019,” ujar Dadan

Dadan menambahkan dengan kembali beroperasinya KA Pangrango ini masyarakat yang ingin naik KA Pangrango, Relasi Bogor - Sukabumi setiap harinya bisa memilih 6 Jadwal perjalanan, dengan stamformasi 1 Kereta Eksekutif dan 4 Kereta Ekonomi.

"Untuk tiket dapat dibeli dengan harga Rp 80.000 untuk kelas Eksekutif, dan Rp 35.000 untuk kelas Ekonomi," tukas Dadan.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha NMax