Yamaha

Pemprov Jabar Distribusikan Bus Pariwisata ke 27 Kabupaten dan Kota

  Senin, 30 Desember 2019   Republika.co.id
Bus pariwisata pemprov Jabar. (@ridwankamil)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) kembali mendistribusikan bus pariwisata ke 27 kabupaten/kota. Total terdapat 30 bus yang disebarkan tahun ini sehingga total seluruh bus pariwisata di Jabar telah ada 47 unit.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bus pariwisata merupakan moda tranportasi massal yang nantinya bisa digunakan untuk mengangkut wisatawan yang ingin berkeliling perkotaan. Selama ini, wisatawan kerap kesulitan ketika ingin menjelah tempat wisata di satu daerah. Dengan adanya bus ini, wisatawan bisa berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya.

"Dulu di Bandung saya sudah bikin Bandros (Bandung Tour on Bus). Karena saya sekarang gubernur maka saya bikin di seluruh daerah," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil dalam peluncuran bus pariwisata di Masjid Pusdai, Senin (30/12).

Menurut Emil, bus ini nantinya hanya boleh digunakan untuk pariwisata di sekitar perkotaan. Jadi, bus jangan sampai dibawa terlalu jauh apalagi ke medan yang menanjak. Karena, kata dia, Bus ini lebih bagus dipakai berkeliling kota seperti Alun-alun, kantor bersejarah di daerah tersebut, dan wisata lainnya yang berdekatan. 

"Pakainya jarak pendek saja ya," katanya.Terkait tarif penggunaan bus wisata, Emil menyerahkan seluruhnya kepada pemerintah daerah setempat. Bus ini bisa dioperasikan oleh Dinas Perhubungan atau organda sekitar.

 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar