Yamaha

Pencak Silat Akhirnya Ditetapkan sebagai Warisan Budaya UNESCO

  Jumat, 13 Desember 2019   Husnul Khatimah
Ilustrasi pencak silat. (AgusTriyanto/Pixabay )

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Seni dan olahraga bela diri asli Indonesia, pencak silat, akhirnya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO setelah diperjuangkan sejak 2014 lalu. 

Penetapan itu dilakukan pada Kamis (12/12/2019) pukul 09:59 waktu Bogota Kolombia dalam sesi ke-14 Komite Antarpemerintah yang dipimpin Maria Claudia Lopez Sorzano selaku Wakil Menteri Kebudayaan dan Rekreasi Colombia.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan, kerja keras selama ini membuah hasil yang baik. Keberhasilan ini berkat usaha dan dukungan semua pihak dalam memperjuangkan pencak silat. 

Meski secara serius baru mulai diperjuangkan ke UNESCO tahun 2014 silam, ketika delegasi dari Kemenpora dan Kemendikbud di era Kabinet Indonesia Bersatu II membentuk Tim Teknisnya.

"Ini merupakan sebuah perjuangan panjang dan kerja keras dari semua pihak," ujarnya yang bagian dari tim teknis 2014 itu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/12/2019). 

Politisi Demokrat itu tak mempermasalhkan waktu sekitar 5 tahun lamanya dan kali ini baru ditetapkan oleh UNESCO. Paling penting baginya menjaga kelestarian pencak silat ini. 

"Yang penting, bagaimana kita sekarang bisa menjaga agar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan Pencak Silat ini. Bisa dijaga bersama dan dipertahankan kelestariannya di Indonesia," tutur Roy Suryo. 
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar