Yamaha Aerox

Ratusan Lapak PKL Dibongkar Demi Bangun Alun-alun Kota Bogor

  Senin, 02 Desember 2019   Husnul Khatimah
200 PKL di Jalan Dewi Sartika dibongkar aparat gabungan Senin (2/11/2019). (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sedikitnya 200 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Dewi Sartika dibongkar oleh aparat gabungan dari Satpol-PP, TNI, Polri, dan Dishub, Senin (2/11/2019).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan pembongkaran PKL ini merupakan tahapan pembangunan Alun-Alun Kota Bogor yang akan dibangun di Taman Topi pada tahun 2020.

"Jadi kegiatan ini adalah rangkaian proses membangun alun-alun Bogor termasuk juga rencana kelanjutan Masjid Agung Kota Bogor jadi kita laksankan persiapannya," ujar Dedie disela pembongkaran PKL.

Dia mengaku sebelum dibongkar pihaknya telah melakukan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku seperti melakukan sosialiasi.

"Yang pertama kita lakukan komunikasi yang efektif dengan para pedagang melalui ketua kelompok PKL dan mencapai suatu kesepakatan bahwa kelompok PKL ini kita relokasi ke beberapa tempat," kata Dedie.

Para pedang nantinya direlokasi sesuai dagangannya seperti pedagang besi direlokasi ke Pasar Merdeka, pedagang sepatu ke Nyi Raja Permas, dan pedagang bunga ke Jalan Bina Marga atau tempat lainnya.

"Alhamdulillah dengan berbagai pendekatan yang dilakukan PKL bisa direlokasi, pendekatannya yakni peningkatan marwah PKL jadi pedagang kios di pasar, pendekatan program KUR perbankan, ini semua menjadi bagian dari proses mencari solusi penertiban," ungkap Dedie.

Setelah PKL ditertibkan Pemkot akan melanjutkan tahapan pembangunan alun-alun lainnya yakni pemulihan drainase, pembongkaran trotoar, pembongkaran Taman Topi dan taman Ade Suryani.

"Pembangunan alun-alun Kota Bogor bantuan keuangannya diberikan Pemprov Jabar dan akan dilaksanakan tahun aggaran 2020. Anggaran dari pemprov 15 miliar," kata Dedie.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar