Yamaha Aerox

Wakil Wali Kota Jelaskan Soal Wacana Pemindahan Balai Kota

  Jumat, 22 November 2019   Husnul Khatimah
Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menjelaskan soal wacana pemindahan Balai Kota Bogor ke lahan milik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di dekat kawasan Bogor Raya.

Dedie mengatakan bahwa wacana pemindahan balai kota muncul ketika pihaknya meminta DJKN untuk menghibahkan lahan di dekat kawasan Bogor Raya untuk perkantoran Pemkot Bogor.

AYO BACA : Penamaan Alun-alun Kota Bogor Diputuskan Pekan Depan

"Pemerintah Kota Bogor meminta kepada pusat dalam hal ini dirjen kekayaan negara untuk bisa memamfaatkan lahan aset negara untuk diserahkan kepada Kota Bogor, tujuannya adalah diwacanakan untuk perkantoran Kota Bogor ini kita pindah," ujar Dedie, Jumat (22/11/2019).

Dia mengatakan,  pihaknya merencanakan balai kota dipindah salah satunya karena pertimbangan beban lalu lintas di jalur Sistem Satu Arah (SSA).

AYO BACA : Desain Alun-alun Kota Bogor Padukan Fungsi Taman dan Alun-alun

"Bayangin ini kantor (balai kota) tiap hari mungkin ada 1.000 orang, berapa banyak traffic yang membebani SSA, nah (bagaimana) kalau kita pindahkan ke lahan DJKN, jadi artinya gini, kalau mau kita tata, kita tata semua," kata Dedie.

Dia menambahkan, balai kota direncanakan dipindah juga karena kantor pemerintahan Kota Bogor selama ini terpisah dan tidak mungkin untuk membuat bangunan bertingkat di Balai Kota Bogor jika ingin memusatkan kantor pemerintahan dalam satu lokasi.

"Kalau kita bebankan disini (balaikota), misalnya kita bangun 20 lantai, kan gak boleh, di depan kita ada istana sehingga ada batasan ketinggian, nah mungkin disana (lahan DJKN) luas, bisa kita pakai," kata Dedie.

Meski demikian, Dedie menegaskan bahwa wacana pemindahan Balai Kota Bogor ini baru sebatas permintaan hibah lahan kepada DJKN dan belum ada balasan atas permintaan tersebut.

"Kita baru meminta ke pemerintah pusat untuk menghibahkan lahan DJKN kepada pemerintah Kota Bogor, belum (ada jawaban)," kata Dedie.

AYO BACA : Alinea, Aliansi Peduli Perempuan Indonesia Hadir di Bogor


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar