Yamaha NMax

Sepatu La'forsa, Produk Asli Bogor yang Diminati Bule

  Kamis, 07 November 2019   Husnul Khatimah
Cynthia Clara sukses merintis bisnis hand made sepatu dan sendal khusus wanita dengan merek La'forsa. (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Berawal dari kegemarannya mengoleksi sepatu dan sendal dengan merek ternama, Cynthia Clara (29) sukses merintis bisnis hand made sepatu dan sendal khusus wanita dengan merek La'forsa.

Clara mengatakan kegemarannya mengoleksi sepatu itu membuat dirinya iseng membuat sepatu kepada pengrajin untuk dia pakai. Kemudian sepatu yang dipakai itu ternyata mendapat respons yang baik dari kerabatnya sehingga muncul ide untuk berbisnis.

"Banyak respons yang bagus dari teman-teman, jadi kemudian saya coba mulai jualan bikin brand sendiri, sedikit demi sedikit mulai laku dan berkembang hingga sekarang," ujar Clara ditemui di Galery La'forsa, Jalan Sanggabuana Nomor 9, Kota Bogor, Kamis (7/11/2019).

Setelah kurang lebih lima tahun berjuang menggaungkan brand sepatu La'forsa kini Clara telah memiliki 15 reseller diseluruh Indonesia dan barang miliknya pun sangat mudah ditemui di Bogor seperti di Mal BTM.

Tak hanya itu, melalui hubungan pertemanan yang dia miliki, sepatu dan sendal milik Clara mendapat tempat di mata orang luar negeri. Setidaknya melalui relasi yang dia miliki itu sepatu dan sendal La'forsa telah dijual di empat negara .

"Jadi, saya punya teman dari luar negeri asal Belgia, Jerman, Amerika, Philipina, mereka itu tadinya pesan ke saya untuk mereka pakai sendiri terus karena puas sama kualitasnya akhirnya mereka juga jualan ke teman-temannya disana," kata Clara.

Dia mengatakan sepatu dan dan sendal yang ditawarkan oleh La'forsa merupakan barang berkualitas dengan bahan-bahan impor maupun lokal mulai dari sintetis hingga kulit.

Melalui produksi dengan bahan-bahan berkualitas itu Clara membanderol sepatu miliknya dengan harga Rp80.000-Rp1,5 juta tergantung bahan yang digunakan.

"Untuk desain sepatunya kita bikin sendiri, kebetulan saya suka gambar dan suami bisa bikin pola-pola. Kemudian jika ada yang pesan secara customize kita juga terima, bahannya bisa dari kita bisa juga dari mereka," katanya.

Dalam seminggu industri rumahan sepatu dan sendal La'forsa ini bisa memproduksi 70-100 pasang sepatu yang dikerjakan oleh 4 orang. Omzet yang didapatkan pun cukup menggiurkan dengan mendapat Rp40 juta-Rp100.000 juta dalam sebulan.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar