Yamaha NMax

SBY Ceritakan Soal Kecintaan Ani Yudhoyono Terhadap Lingkungan

  Selasa, 05 November 2019   Husnul Khatimah
SBY saat menerima penghargaan Biodiversity untuk Almarhumah Ani Yudhoyono. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Mendiang Ani Yudhoyono mendapat anugerah Biodiversity dari Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) karena dinilai sebagai ibu negara yang memiliki kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan yang sangat tinggi.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menerima penghargaan itu menceritakan bahwa sang istri memang memiliki kecintaan yang tinggi terhadap lingkungan. Itu terbukti dengan banyaknya kegiatan kaitan dengan lingkungan yang diikuti oleh Ani selama menjadi ibu negara.

"Almarhumah banyak peduli dan melakukan kegiatan, apa yang dilakukan almarhumah selama 10 tahun ketika menjadi first lady telah menjadi bagian dari sejarah, apa yang dilakukan almarhumah itu berangkat dari cinta, passion terhadap kehidupan, terhadap lingkungan, tanam-tanaman, bunga-bungaan, satwa dan kehidupan dalam arti umum," kata SBY, Selasa (5/11/2019).

Presiden RI ke-6 itu mengatakan kecintaan Ani terhadap lingkungan juga terlihat saat dirinya masih bertugas sebagai Letnan TNI. Saat itu, kata SBY, dia bersama Ani tinggal di rumah dinas dengan pekarangan yang sangat kecil namun Ani masih peduli dengan menanam pohon, bunga, dan cabai di halaman rumah.

"Sekarang juga di rumah, di Cikeas, pekarangan kami sekarang jadi hutan, hutan yang lestari, hutan yang sejuk dan itu saya pribadi dan almarhumah mencari pohon sendiri, mencari bunga sendiri dan menanamnya, setiap kelahiran cucu kami, almarhumah selalu mengabadikan dengan cara menanam pohon dan memeliharanya," ungkap SBY.

Tak hanya itu, saat masih berstatus ibu negara, SBY mengatakan bahwa Ani tidak pernah untuk tidak menyempatkan meninjau lingkungan seperti kebun raya di daerah-daerah. Hal itu dilakukan karena dirinya menginginkan kebun tersebut tetap lestari dan berkembang.

"Sebelum pemerintah mencanangkan gerakan tanam dan pelihara pohon lebih dulu almarhumah melakukan dengan organisasi perempuan. Saya kira sejarahlah yang mencatat, di tengah malam ketika selepas salat, kadang-kadang dengan air mata yang berlinang, (Ani) mengatakan saya akan terus melakukan ini karena saya yakin nanti puluhan tahun kedepan akan dirasakan dampaknya menanam dan memilihara pohon," kata SBY.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar