Yamaha NMax

Daftar 32 Tokoh yang Dipanggil Presiden Jokowi hingga Selasa Malam

  Rabu, 23 Oktober 2019   Republika.co.id
Mantan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Sejak Senin (21/10) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil nama-nama yang potensial menjadi calon menteri untuk kabinet Jokowi-Maruf Amin periode 2019-2024. Rangkaian wawancara calon menteri ini digelar Jokowi selama dua hari, hingga Selasa (22/10) malam.

Total ada 32 nama calon menteri yang datangi istana dalam dua hari ini, yakni 9 tokoh pada hari pertama dan 23 tokoh pada hari kedua. 

Daftar berikut diurutkan dari waktu kedatangannya di Istana Kepresidenan. 

1. Mahfud MD
\nMahfud tidak secara lugas menyebut posisi yang akan dijabat. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengaku banyak diajak berbincang tentang hukum dan HAM bersama Jokowi. Mahfud juga percaya diri menyampaikan kalau dirinya diundang lagi hadir di istana untuk proses pelantikan menteri pada Rabu (23/10) lusa.

2. Nadiem Makarim
\nCEO Gojek ini juga enggan secara gamblang menyebut posisi menteri yang akan dijabat. Nadiem hanya menyebut bahwa dirinya diajak Jokowi berbicara mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan inovasi. 

3. Wishnutama
\nPendiri Netmediatama ini juga enggan menyebut posisi menteri yang akan diduduki. Ia hanya menjelaskan bahwa Jokowi memberi arahan mengenai pengembangan industri kreatif dan peningkatan devisa.

4. Erick Thohir
\nCEO Mahaka Group dan bos Republika ini juga tak secara terbuka menyebut posisi menteri yang akan dijabat. Ia hanya mengatakan bahwa ia akan membindangi masalah perekonomian. Erick santer dikabarkan menduduki posisi Menteri BUMN. 

5. Tito Karnavian
\nTito tidak keluar istana melalui gerbang samping. Kapolri pun tidak sempat menyampaikan penjelasan kepada awak media tentang jabatan yang akan diemban. 

6. Airlangga Hartarto
\nKetua Umum Golkar ini kencang disebut akan menduduki posisi Menko Perekonomian. Namun begitu ia menolak untuk memberi bocoran. Usia bertemu Jokowi, Airlangga mengaku dirinya banyak diajak bicara mengenai tantangan perekonomian. 

7. Pratikno
\nMantan Rektor UGM dan Mensesneg ini juga keluar istana dari pintu samping sehingga tak sempat berbincang dengan awak media. 

8. Prabowo Subianto
\nSecara gamblang Prabowo menyebut dirinya ditugaskan menjadi menteri yang membidangi pertahanan, alias Menteri Pertahanan. 

AYO BACA : Jelang Pelantikan Menteri, Istana Negara Siapkan 34 Kemeja Putih

9. Edhy Prabowo
\nBelum ada kepastian mengenai posisi menteri yang akan didudukinya. 

10. Sri Mulyani Indrawati
\nSecara tegas Sri Mulyani menyebut bahwa Jokowi menugaskannya menjadi Menteri Keuangan lagi. 

11. Syahrul Yasin Limpo
\nPolitisi Nasdem ini mengaku tak tahu ditunjuk sebagai menteri bidang apa. Ia hanya menegaskan kesiapannya membantu Presiden Jokowi. 

12. Agus Gumiwang
\nPolitisi Golkar ini tak secara lugas menyebut jabatan apa yang akan diemban. Namun ia memberi petunjuk bahwa amanatnya nanti akan lebih banyak berhubungan dengan transformasi manufaktur dan rantai pasok industri. Santer dikabarkan, Agus menduduki jabatan Menteri Perindustrian. 

13. Juliari Batubara
\nAnggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini memberi sinyal kuat bahwa posisi yang diberikan padanya adalah Menteri Sosial. Ia banyak bicara mengenai penanggulangan kemiskinan dan antisipasi terhadap bencana. 

14. Siti Nurbaya Bakar
\nPolitisi Nasdem ini kembali akan menduduki jabatan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Artinya, Siti menjadi salah satu menteri yang melanjutkan tugas yang sama sejak 2014 lalu. 

15. Suharso Monoarfa
\nPelaksana tugas Ketua Umum PPP ini memberi sinyal bahwa dirinya akan menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Ia juga mengaku diajak bicara tentang pemindahan ibu kota. 

16. Basuki Hadimuljono
\nSosok yang disebut-sebut sebagai bapak infrastruktur Indonesia ini dengan lugas menyebut bahwa jabatan Menteri PUPR masih akan melekat padanya. 

17. Fachrul Razi 
\nMantan Wakil Panglima TNI ini mengaku belum tahu persis posisi menteri apa yang akan dijabat. Ia hanya menyampaikan, Presiden Jokowi banyak mengajak bicara mengenai pembangunan SDM ke depan. 

18. Ida Fauziyah
\nPolitisi PKB ini dengan gamblang menyebut dirinya diamahi menjadi Menteri Tenaga Kerja. Jokowi banyak mengajaknya bicara mengenai ketenegakerjaan dan implementasi kartu prakerja. 

19. Bahlil Lahadalia
\nMantan Ketua Umum HIPMI ini tak menyebutkan secara lugas posisi menteri yang ditawarkan Jokowi. Namun ia mengaku banyak diajak bicara mengenai pertumbuhan kawasan ekonomi baru dan pengembangan UMKM. 

AYO BACA : Tito Karnavian Jadi Menteri, Mabes Polri Siapkan Penggantinya

20. Zainudin Amali
\nPolitisi Golkar ini pun tak mau secara tegas menyebut posisi menteri yang diberikan Jokowi. Namun ia membocorkan, kementeriannya akan membidangi pengembangan SDM dan keolahragaan. 

21. Abdul Halim Iskandar
\nPolitisi PKB sekaligus kakak kandung Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini santer disebut akan menjabat Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Namun dirinya enggan mengiyakan kabar tersebut. Ia hanya membocorkan bahwa Jokowi banyak berbicara dengannya mengenai ekonomi dan kesejehtaraan masyarakat. 

22. Yasonna Laoly
\nPolitisi PDIP ini dengan lugas menyampaikan dirinya akan kembali membantu Jokowi dalam posisi yang masih sama seperti sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM. 

23. Budi Karya Sumadi 
\nBudi Karya dengan tegas menyampaikan dirinya diberi amanat untuk menjabat Menteri Perhubungan, sama dengan posisinya sebelumnya. 

24. Sofyan Djalil
\nSofyan menyampaikan dirinya akan melanjutkan pekerjaan yang belum selesai sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Program unggulan Sofyan di antaranya adalah pembagian sertifikat tanah kepada masyarakat. 

25. Tjahjo Kumolo
\nPolitisi PDIP ini menolak membocorkan posisi apa yang akan dijabatnya, meski kabar santer menyebutkan dirinya menduduki posisi Menko PMK. 

26. Moeldoko
\nMantan Panglima TNI ini menyebutkan bahwa tugas yang akan ia urusi selanjutnya tak akan berubah dibanding posisinya dalam Kabinet Kerja Jilid I, yakni Kepala Staf Presiden (KSP). Meski begitu ia enggan menyebut apakah ada perubahan nomenklatur atau tidak. 

27. Bambang Brodjonegoro 
\nBambang menolak memberi tahu secara tegas apa posisi yang akan dijabat. Namun ia membocorkan, bidang yang ia urusi adalah pengembangan SDM, riset, dan inovasi. 

28. Johnny G Plate
\nPolitisi Nasdem ini memberi sinyal kuat bahwa dirinya akan menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika. Ia diberi tugas Jokowi untuk mengurusi perkembangan bisnis start up dan membuat kebijakan terkait data komunikasi. 

29. Agus Suparmanto
\nKetum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) ini memberi sinyal bahwa dirinya akan duduk sebagai Menteri Perdagangan. Usai bertemu Jokowi, Agus mengaku banyak diajak bicara mengenai komoditas dalam negeri dan luar negeri dan memajukan komoditas ekspor. 

30. Teten Masduki
\nTeten tidak secara gamblang menyebut posisi menteri apa yang akan diembannya. Namun ia membocorkan dirinya akan menjadi menteri yang mengurusi ekonomi kerakyatan. Santer disebut, Teten menjadi Menteri Koperasi dan UMKM. 

31. Dokter Terawan 
\nDokter sekaligus Kepala RSPAD Gatot Subroto ini secara lugas menyebut dirinya diberi amanat sebagai Menteri Kesehatan. 

32. Luhut Binsar Pandjaitan 
\nLuhut secara tegas menyebut dirinya ditugasi Jokowi sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi. 

Masih ada beberapa nama yang disebut masuk dalam kabinet Jokowi-Maruf, namun berhalangan hadir. Di antaranya adalah Retno Marsudi yang disebut melanjutkan tugas sebagai Menteri Luar Negeri.

AYO BACA : Prabowo Jadi Menteri, Apa Kata Puan Maharani?


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar