Yamaha NMax

Udara Panas di Bogor Diprediksi Terjadi Hingga 3 Hari Mendatang

  Selasa, 22 Oktober 2019   Husnul Khatimah
Ilustrasi cuaca panas terik. (pixabay)

CISARUA, AYOBOGOR.COM -- Udara panas tak seperti biasanya dirasakan di wilayah kota dan kabupaten Bogor sejak Senin (21/10/2019).

Berdasarkan data BMKG udara panas di Kabupaten Bogor pada Senin berada pada angka 30.3°C dengan kelembaban udara 27%. Sementara di Kota Bogor suhu udara tercatat hingga 36°C.

AYO BACA : Tito Karnavian Jadi Menteri, Mabes Polri Siapkan Penggantinya

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Citeko, Asep Firman Ilahi mengatakan udara panas ini diprediksi akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

"Sekitar 2-3 hari ke depan, perkiraan sih hari Jumat sudah hujan di sebagian Jabar bagian barat," ujar Asep saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (22/10/2019).

AYO BACA : Bima Arya Tanggapi Pidato Jokowi soal Pemangkasan Pejabat Eselon

Asep mengatakan selama tiga hari ke depan tidak hanya wilayah Bogor yang akan merasakan cuaca panas namun juga wilayah Jakarta, Tanggerang dan Bekasi.

"Suhu udaranya jika di dataran rendah Jabotabek sekitar 36-37 derajat celcius dan di tempat lain suhu naiknya 3 derajay celcius dari rata-rata suhu di hari biasa," kata Asep.

Dia mengatakan bahwa udara terasa panas saat ini disebabkan oleh posisi matahari yang baru saja bergulir ke arah selatan setelah berada tegak lurus di pulau Jawa.

"Ditambah lagi dengan peluang hujan yang masih rendah karena aliran masa udara dari timur masih kuat, sehingga mempersulit pertumbuhan awan hujan. Kondisi ini menyebabkan kelembaban udara di permukaan sangat rendah. Suhu udara tinggi dan kelembaban rendah menyebabkan udara gerah, panas menyengat dan sangat tidak nyaman," kata Asep.

AYO BACA : Prabowo Jadi Menteri, Apa Kata Puan Maharani?


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar