Yamaha

Iriana Jokowi Bakal Tinjau Sampah Sungai Kalibaru

  Selasa, 17 September 2019   Husnul Khatimah
Tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kalibaru di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat untuk turut serta menangani permasalahan sampah di daerah tersebut. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

CILEBUT, AYOBOGOR.COM -- Tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kalibaru di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat untuk turut serta menangani permasalahan sampah di daerah tersebut.

Kasiter Korem 061 Suryakencana, Letkol Asep Muspidah mengatakan, nantinya istri presiden Joko Widodo, Iriana akan meninjau lansung lokasi tumpukan sampah dan melakukan aksi bersih-bersih sebagai upaya mengedukasi masyarakat.

"Rencananya ibu negara sama ibu wakil presiden yang akan meninjau tanggal 19 ini, rencanya beliau akan meninjau dan ikut membersihkan sampah," kata Muspidah ditemui disela kegiatan pengerukan sampah Kalibaru, Selasa (17/9/2019).

Dia mengakui bahwa persoalan tumpukan sampah di Kalibaru telah menjadi perhatian pemerintah pusat. Bahkan pihaknya selama dua hari ke depan diminta oleh pusat untuk turun ke lapangan membersihkan sampah.

"Persoalan sampah disini sudah tahunan, kemaren sempat rame diperbincangkan, sehigga dari pusat memerintahkan kita untuk membersihkan dengan titik awal di Kedung Badak Kota Bogor sampai Cilebut, Kabupaten Bogor," kata Muspidah.

Sementara itu, Satgas Ciliwung Parno mengatakan, pihaknya bersyukur persoalan tumpukan sampah di dua sungai ini mendapat perhatian pemerintah pusat sebab menurutnya persoalan yang ada sudah ada sejak dulu dan belum terselesaikan.

"Kita bersyukur persoalan kalibaru akhirnya mencuat ke permukaan, jadi perhatian publik secara luas dan memang ini harus seperti itu, karena ini harus jadi tanggung jawab kita bareng-bareng," kata Parno.

Menurutnya, persolan tumpukan sampah di sungai sangat komplek. Untuk menyelesaikanya pemerintah selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga harus menyediakan TPS yang memadai. Di sisi lain masyarakat juga harus menyadari bahwa lingkungan sungai yang bersih adalah tanggung jawab bersama.

"Tentu saja kehadiran ibu negara nanti diharapkan jadi dorongan bahwa masyarakat harus mulai berbenah terdorong menjaga kebersihan sungai dan pemerintah sediakan fasilitas dan sarana yang cukup agar masyarakat tak buang sampah lagi ke sungai," tukasnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar