Yamaha NMax

Dedie Rachim Uji Coba Trem Baterai

  Rabu, 11 September 2019   Husnul Khatimah
Dedie Rachim saat jajal trem baterai PT. INKA di Madiun (Dok. pemkot Bogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mencoba menjajal trem baterai milik PT. Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Tengah awal pekan lalu.

Dedie mengatakan dalam kesempatan itu dia membahas sejumlah kemungkinan kerjasama antara Pemkot Bogor dan PT. INKA dalam bidang transportasi masal. Pemkot Bogor saat ini tengah mengkaji pembangunan trem sebagai transportasi di pusat perkotaan.

“Dalam pertemuan dibahas beberapa hal terkait kemungkinan kerja sama dalam pembangunan sistem transportasi massal berbasis rel di Kota Bogor yang dapat menjadi feeder (penyambung) untuk Commuter Line dan LRT kedepannya,” ujar Dedie.

Dia mengaku dalam kunjungan itu dirinya diajak meninjau berbagai fasilitas produk unggulan PT. INKA, seperti gerbong kereta, LRT, Trem dan produksi Bogie yang kandungan lokalnya lebih dari 50 persen.

AYO BACA : PLN Sudah Berikan Kompensasi, Begini Cara Mengeceknya

Saat ini, lanjut Dedie, PT INKA tak hanya memproduksi kereta LRT tanpa masinis, akan tetapi mereka telah mengembangkan Trem menggunakan tenaga baterai. 

\"Pengembangan teknologi kereta api bertenaga baterai ini agar konsumsi listrik yang dibutuhkan saat menjalankan kereta menjadi lebih efisien,\" katanya.

Selain itu kata Dedie PT. INKA juga sudah mengembangkan Trem tenaga baterai untuk kapasitas 100 hingga 200 penumpang. 

\"Trem ini memiliki keunggulan digerakan dengan baterai yang dapat diisi ulang dan tidak memerlukan jaringan listrik sepanjang rel yang dilintasi,” kata Dedie.

Selanjutnya, terkait kajian pembangunan trem di Kota Bogor, dalam waktu dekat Dedie akan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Utrecht, Nederlandse Spoorwegen dan Kemenhub Belanda di Den Haag bersama Atase Perhubungan KBRI Belanda. Belanda sendiri sebelumnya disebutkan akan menghibahkan trem kepada Pemkot Bogor.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar