Yamaha Mio S

Ratusan Orang Berkostum Adat Iringi Bendera Raksasa Lintasi Istana Bogor

  Minggu, 18 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Kirab bendera merah putih (Dok. istimewa)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kirab bendera merah putih kembali digelar di Kota Bogor dalam kegitan Festival Merah Putih yang telah memasuki tahun keempat penyelenggaraan. Kali ini bendera diarak melintas di depan Istana Bogor, Minggu (18/8/2019).

Berbeda dengan kirab bendera sebelumnya hari ini para pembawa bendera menggunakan pakaian adat. Bendera ukuran raksasa dengan panjang 117 meter diarak dari Balaikota hingga Lapangan Puzdikzi oleh Muspida, TNI, Polri dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Kemeriahan festival terasa sejak dilepasnya bendera ukuran raksasa oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dijalanan ratusan masyarakat terlihat penuh haru dan gembira melihat peserta kirab membawa bendera raksasa.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan kirab bendera diharapkan dapat memupuk dan menyebarkan semangat persatuan di tengah keberagaman masyarakat kota hujan.

"Di usia ke-74 semangat bhineka jangan pernah padam dan melemah, kita ikhtiar untuk menguatkan dengan berbagai macam cara dan ini adalah ikhtiar orang Bogor untuk mengorbankan terus semangat kebhinekaan kita," ujar Bima.

Dia mengatakan tahun ini kirab yang hanya satu-satunya di Indonesia ini lebih semarak dan melambangkan kebhinekaan Indonesia bukan hanya kota Bogor. Pasalnya tahun ini bendera raksaa diarak menggunakan baju adat dari berbagai daerah.

Senada dengan Bima, Kapolresta Bogor Kota, Kombespol Hedri Fiuser mengatakan kirab bendera menunjukansemangat nasionalisme ditengah keberagaman budaya, suku bangsa, agama latar belakang dan perbedaan-perbedaan lainnya.

"Kita bersatu disini bahwa kita satu Indonesia dan ini juga merupakan salah satu bentuk perayaan Kemerdekaan di Kota Bogor yang kita suguhkan buka hanya untuk warga Bogor tapi juga masyarakat Indonesia," kata Hendri.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar