Yamaha

Kenanga, Taman Baca di Kampung Labirin

  Selasa, 13 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor Bima Arta saat meninjau Taman Baca Kenanga. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kampung wisata Labirin atau Kampung Kebon Jukut, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, kini memiliki Taman Baca yang diberi nama Taman Baca Kenanga. Taman baca ini diinisiasi oleh Pemerintah Kota Bogor bersama Kodim 0606 Kota Bogor.

Dandim 0606 Kota Bogor Letkol CZI Aji Sujiwo mengatakan, diadakannya taman baca ini atas keprihatinan pihaknya terhadap anak-anak zaman sekarang yang mereka nilai sudah jauh dengan buku.

"Harapan saya dengan taman baca ini anak itu suka dengan buku, memiliki minat baca yang tinggi terhadap buku, mendapat ilmu pengetahuan dari buku, mendapat wawasan dari buku dan menyadari bahwa buku itu adalah jendela pengetahuan dunia," ujarnya, Selasa (13/8/2019).

AYO BACA : PKS Rajai Kursi DPRD Kota Bogor

Dipilihnya kampung Kebon Jukut atau Kampung Labirin berdasarkan usulan warga. Jumlah anak dan hasil survei menunjukan lokasi ini butuh dibangun taman baca.

"Karena di sini padat penduduk, harapan kita ini menjadi pilot projects untuk bahwa daerah yang padat penduduk anak-anaknya kita selamatkan supaya mereka gemar membaca buku dan masyarakat juga mau mengarahkan anaknya kesini (taman baca) dan  membina minat mereka supaya mau ke taman baca," jelasnya.

Aji menjelaskan, selanjutnya pihaknya akan membuat taman baca di 68 kelurahan di Kota Bogor dengan memanfaatkan CSR dari pihak ketiga.

AYO BACA : Bima Arya Tak Enak Kasus GKI Yasmin Belum Selesai

"Nanti pihak kelurahan dan RW secara teknis mereka yang mengatur ada yang bertanggung jawab kepala perpustakaannya atau bagian yang mengindetifikasi, mencatat dan memasarkan bahwa kita sudah punya taman membaca, kemudian mereka bawa anak anak kesini dan membuat  tempat ini dari hari ke hari makin nyaman sehingga dimintai oleh anak," terangnya.

Sementara itu, Lurah Babakan Pasar Rena Da Frina mengatakan bahwa koleksi buku di taman baca ini merupakan sumbangan dari sejumlah donatur yang peduli terhadap literasi.

"Buku-bukunya  jelas kita siapkan buku dongeng, hikayat, buku pelajaran jadi banyak macam macam buku nantinya dan sasaran dari taman baca ini bacanya adalah usia 17 tahun kebawah," kata Rena.

Hadirnya taman baca di kampung labirin ini, menurut Rena, selain membuat warganya menjadi guyub dan kompak juga untuk memfasilitasi wisatawan yang berkunjung. Taman ini juga diharapkan menambah minat baca karena saat ini banyak anak lebih memilih gawai ketimbang membaca buku.

"Jadi itu sebuah tantangan karena gadget sudah merambah kemana-mana. Makanya kita siapkan fasilitas berupa taman baca bagi anak-anak setempat," tukas Rena.

AYO BACA : 50 Persen Anggota Dewan Anyar Kota Bogor Muka Lama


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar