Yamaha NMax

50 Persen Anggota Dewan Anyar Kota Bogor Muka Lama

  Selasa, 13 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Rapat pleno penetapan calon anggota DPRD Kota Bogor terpilih, Selasa (13/8/2018). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor akhirnya menetapkan Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor yang terpilih dalam pemilihan legistatif (pileg) 2019 untuk mengisi jabatan legislator Kota Bogor periode 2019-2024, Selasa (13/9/2019).

Ketua KPUD Kota Bogor Syamsudin mengatakan, penetapan anggota DPRD terpilih ini dilakukan usai keluarnya keputusan Mahkamah Kontitusi (MK) soal gugatan pileg.

AYO BACA : Gerindra Raih Kursi Terbanyak di DPRD Jabar 2019-2024

"KPU Kota Bogor adalah salah satu yang digugat maka hari ini kita baru bisa laksanakan pleno, keputusan MK sudah ada sejak 8 Agustus yang lalu, MK menolak semua permohonan pemohon," ujar Syamsudin usai penetapan.

Dia mengatakan, pleno penetapan anggota DPRD terpilih ini merupakan tahapan akhir pileg. Selanjutnya, para anggora dewan terpilih akan dilantik setelah keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat.

AYO BACA : Defisit Anggaran, Kota Bogor Kejar PAD Rp1 Triliun

"Pelantikan tanggal 20 setelah ini SK dari KPU akan kita kirim ke Jabar untuk diminta SK Gubernur, setelah turun SK, mereka akan dilantik jadi anggota dewan," katanya.

Berdasarkan hasil penetapan diketahui bahwa sebanyak 50% anggota DPRD terpilih merupakan muka-muka lama dengan rincian 25 orang wajah lama dan 25 orang wajah baru.

Menurut Syamsudin, yang menggembirakan dengan komposisi anggota DPRD terpilih kali ini adalah meningkatnya keterwakilan perempuan yang menjadi 22% setelah sebelumnya hanya 17%.

"Ada 11 orang anggota DPRD perempuan. Kemudian tahun ini juga banyak petinggi partai tingkat kota menghiasi parlemen kita, ada enam orang ketua partai yang  jadi anggota dewan dan 4 orang sekjen menjadi anggota dewan. Ini mudah-mudahan semakin memperkuat parlemen di Kota bogor karena koordinasi partai di parlemen akan semakin nyambung," tukas Syamsudin.

AYO BACA : Wali Kota Beberkan Prioritas Pembangunan Bogor 5 Tahun ke Depan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar