Yamaha NMax

Kota Bogor Boyong 3 Penghargaan Piala Humas Jabar

  Minggu, 11 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor Bima Arya saat menerima penghargaan Piala Humas Jabar. (Dok. Pemkot Bogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Pemerintah Kota Bogor berhasil membawa pulang 3 penghargaan dalam Piala Humas Jabar 2019. Ketiga penghargaan yang diraih adalah Juara 1 Pengelolaan Media Sosial tingkat Kota/Kabupaten se-Jawa Barat, Juara 2 Layanan Informasi Melalui Internet (website) tingkat Kota/Kabupaten se-Jawa Barat dan Juara 3 Pengelolaan Media Sosial tingkat Kelurahan se- Jawa Barat yang diraih Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

“Alhamdulillah tiga penghargaan malam ini. Rasanya rekor ya, juara umum kalau kata Pak Gubernur tadi. Ini penghargaan untuk kerja keras teman-teman di Humas yang semakin sadar pentingnya mengelola berbagai kanal media komunikasi untuk informasi publik di era seperti saat ini,” ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya melalui siaran pers, Minggu (11/8/2019).

Dengan penghargaan yang diraih, Bima Arya mengajak jajarannya untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan maksimal kepada warga. “Saya juga ingin sampaikan bahwa kita tidak akan mungkin eksis di dunia maya tanpa prestasi di dunia nyata. Kita jadikan penghargaan ini untuk lebih berlari mengejar prestasi,” jelasnya.

AYO BACA : Sekolah Ibu Sabet Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Ke depan, lanjut Bima, Pemerintah Kota Bogor juga berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan inovatif melalui keterbukaan informasi yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

“Tadi juga Pak Gubernur mencanangkan keterbukaan informasi publik melalui Jabar Open Data. Jadi, Kota Bogor harus juga bisa memberikan semua data yang diperlukan publik secara transparan dan mudah,” ujarnya.

Piala Humas Jabar 2019 sendiri merupakan ajang apresiasi terhadap insan humas dan protokol se-Jabar yang berprestasi dalam pembangunan visi Jabar Juara Lahir Batin dalam refleksi satu tahun kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

AYO BACA : Kendalikan Asap Rokok, Bima Arya Diganjar Penghargaan WHO

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan kinerja pemerintah tidak akan bermakna apabila tidak disampaikan dengan baik kepada publik. 

\"Walaupun pemerintah sudah bekerja keras, tetapi kalau tidak disampaikan kepada masyarakat maka masyarakat juga tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah. Masalah informasi dan komunikasi ini menjadi hal yang sangat penting sekali,\" ujar Niken.

Niken mengatakan, Humas Pemerintahan perlu membangun citra positif instansinya melalui program pembangunan yang telah dilaksanakan. Dengan begitu, tidak akan berkembang informasi-informasi negatif di masyarakat.

Niken pun menyinggung peran media sosial pemerintahan yang perlu dijalankan oleh Humas Pemerintahan. Kata Niken, ruang sosial media pemerintahan perlu aktif menyampaikan informasi melalui format digital. Hal itu bisa menjadi ciri khas atau karakter kehumasan yang melayani kebutuhan informasi masyarakat.

\"Grafis video, grafis informasi-informasi yang kekinian ini perlu sekali. Jadi karakter humas itu harus melayani, kita harus melayani dengan cepat kepentingan informasi publik. Kemudian juga harus memelihara komunikasi yang baik, menekankan moral dan perilaku yang baik adalah tugas humas pemerintah,\" jelasnya.

AYO BACA : Kota Bogor Sabet Penghargaan Kepatuhan Tinggi Ombudsman RI


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar