Yamaha NMax

Hobi Karikatur Jadi Ladang Rupiah

  Jumat, 02 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Bambang Supriyadi memproses pesanan karikatur, Jumat (2/8/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Menghasilkan uang melalui hobi tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Hal inilah yang dirasakan oleh Bambang Supriyadi, pemuda asal Bogor yang hobi mendesain karikatur.

Bambang mengaku tak menyangka hobinya itu bisa menjadi ladang rupiah bagi dirinya. Awalnya Bambang hanya sekedar mendesain karikatur karena suka. Hasil desain itu kemudian ia posting ke media sosial pribadinya.

“Dari iseng posting di instagram, kemudian ada yang minta dibuatkan, dari sanalah kemudian saya mulai mendapat orderan lainnya dari teman-teman," ujar Bambang ditemui dikediamannya di Gang Makam Cilendek, Keluarahan Cilendek, Kota Bogor, Jumat (2/8/2019).

AYO BACA : Regenerasi Kepemimpinan, ACT Siap Berkembang Pesat

Setelah mulai banyak mendapatkan pesanan dari media sosial, pada tahun 2017 Bambang kemudian mencoba serius menekuni hobi desain karikatur untuk mencoba keberuntungannya dalam bidang ini.

Soal penghasilan, Bambang mengaku apa yang didapatkannya cukup menggembirakan karena mampu mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Biasanya Bambang membaderol hasil desain karikaturnya sesuai permintaan konsumen dengan kisaran harga Rp100.000.

"Harga sesuai orderan, kan ada konsumen yang minta dicetak dan banyak juga yang hanya minta file saja, kalau seperti itu biasanya saya banderol dengan harga Rp100 ribu," kata dia.

AYO BACA : Sambut Hari Kemerdekaan, Lawang Salapan Bersolek Bendera Merah Putih

Dalam perjalanan bisnisnya, Bambang sempat membatasi pesanan karena kurangnya waktu luang. Dia membatasi itu juga karena dia menganggap mendesain karikatur harus dlakukan dengan fokus.

”Membuat dan mendesain karikatur itu harus teliti dan detail, waktu saya hanya punya sedikit waktu luang untuk mendesain jadi saya pernah stop setiap orderan yang masuk takut hasilnya malah tidak memuaskan konsumen," katanya.

Tak lama Bambang kemudian kembali memfokuskan diri untuk membuat karikatur setelah dirinya merasa memiliki waktu luang yang banyak. Untuk menjaga kesetiaan konsumen Bambang mencoba berinovasi membuat karikatur tiga dimensi.

"Kita berupaya bagaimana hasil desain saya ini tak hanya itu-itu saja, karena kalau selalu begitu kawatir konsumen lama-lama jadi bosan, harus ada inovasi agar konsumen tetap berlangganan," pungkas Bambang.

AYO BACA : Pemkot Bogor Akan Buat Games Animasi Permainan Tradisional


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar