Yamaha Mio S

Dihadiri 40 Kepala Daerah, Bogor Jadi Tuan Rumah Galang UKM Indonesia

  Kamis, 01 Agustus 2019   Husnul Khatimah
Audiensi ICBS dengan Wali Kota Bogor Bima Arta. (Dok. Humas Setda Kota Bogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor berkesempatan menjadi tuan rumah International Council for Small Business (ICSB) Oktober mendatang. Sebanyak 40 Kepala Daerah Kota/Kabupaten se-Indonesia akan hadir pada gelaran acara seminar bertajuk Galang UKM Indonesia yang juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan.

Ada dua kategori penghargaan yang nantinya akan diberikan ICSB yakni penghargaan Natamukti yang akan diberikan kepada kepala daerah yang memiliki perhatian terhadap UKM dan penghargaan Natamukti Nindya atau Best Of The Best bagi kota yang terus konsisten setelah mendapatkan Natamukti.

AYO BACA : Soal Bus Mangkrak di Dramaga, Transjakarta Klaim Tak Terlibat

"Penghargaan Natamukti bisa puluhan kepala daerah yang dapat, tapi kalau penghargaan Natamukti Nindya hanya dua sampai tiga orang saja," ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) ICBS Indonesia Ardhi Ridwansyah, Kamis (1/8/2019).

Ardhi mengatakan, kriteria penilaian penghargaan dilihat dari dokumentasi program yang sudah dijalankan setiap daerah. Dari dokumentasi itu, panitia melakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelahnya akan disaring lagi dan ada panel untuk menilai kota/kabupaten tersebut.

AYO BACA : Festival Merah Putih Meriahkan Bulan Kemerdekaan di Bogor

"Penilaian terakhir dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM, mana yang memang layak mendapatkan penghargaan dan mana yang belum," katanya.

Ia menambahkan, dipilihnya Kota Bogor sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan. Pasalnya, kota peduli UKM sangat tercermin dari Kota Bogor yang sudah berkali-kali mendapatkan Natamukti. Alasan lainnya, lokasi Kota Bogor yang strategis diakses 400 undangan dari berbagai daerah.

"Harapan kami dengan pemberian penghargaan kepada mereka yang peduli terhadap UKM bisa merasa terapresiasi atas apa yang sudah dilakukan dan pihak lain yang belum pun termotivasi untuk semakin peduli terhadap UKM," imbuhnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Anas S. Rasmana berharap, Kota Bogor sebagai tuan rumah juga bisa mendapatkan penghargaan Natamukti Nindya mengingat dua tahun berturut-turut sudah mendapatkan penghargaan Natamukti.

"Tapi yang terpenting adalah dapat meningkatkan moral UMKM di Kota Bogor, bisa semakin berkembang dan memanfaatkan pasar e-commerce. Dan nanti Pak wali juga akan jadi pembicara," katanya.

AYO BACA : BNN Sebut Ganja Bisa Sebabkan Kebodohan


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar