Yamaha NMax

Pemekaran Tak Kunjung Terwujud, Bogor Selatan Jajaki Gabung Kota Bogor

  Senin, 22 Juli 2019   Husnul Khatimah
Presedium Masyarakat Bogor Selatan, Kabupaten Bogor, bertemu Wakil Wali Kota Dedie Rachman, Senin (22/7/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wacana Pemerintah Kota Bogor yang merencanakan memperluas wilayahnya disambut positif oleh Presedium Masyarakat Bogor Selatan, Kabupaten Bogor. Mereka menemui Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, untuk menjajaki lebih dalam soal wacana tersebut.

"Ketika ada wacana Kota Bogor mau memasukan sebagian wilayah kita untuk menjadi bagian Kota Bogor saya pikir gayung bersambut," ujar Dewan Pakar Presidium Masyarakat Bogor Selatan, Mang Iding, Senin (22/7/2019).

AYO BACA : Bentengi Warga dari Aliran Menyimpang, MUI Bogor Blusukan

Dia mengatakan awalnya Bogor Selatan sendiri berencana memekarkan wilayahnya dari Kabupaten Bogor. Wilayah itu adalah Cisarua, Megamendung, Ciawi, Cigombong, Caringin, Cijeruk, dan Tanjung Sari.

Menurut Mang Iding, pemekaran wilayah diajukan oleh pihaknya dengan alasan agar pelayanan pemerintahan kepada masyarakat lebih dekat sebab wilayah ini dinilai berada jauh dari pusat pemerintahan. Dalam prosesnya hingga kini pemekaran belum terwujud.

AYO BACA : Tahun 2018, Pencemaran Cileungsi Banyak Membuat Petaka

"Proses (pemekaran) dari beberapa tahun yang lalu berbelit dan bertele-tele sampai hari ini moratorium belum dicabut, saya pikir suatu pemikiran yang bagus dari Kota Bogor (memperluas wilayah) dan saya sangat mendukung sekali. Tadinya pemekaran, dengan adanya wacana ini kita dukung, sebelumnya kita memekarkan sendiri sekarang kita ubah masuk ke kota, gabung ke Kota Bogor," ungkap Mang Idin.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengaku, wacana perluasan wilayah Kota Bogor dikemukakan oleh pihaknya karena pihaknya ingin mengingatkan bahwa pemerintah akan kembali membahas soal daerah otonomi baru.

"Kita hanya mengingatkan bahwa daerah otonomi baru akan dibahas kembali, apabila itu dibahas dan moratorium pemekaran dicabut, Kota Bogor ingin mengkoreksi luas wilayahnya (diperluas)," kata Dedie.

Mengenai daerah mana yang direncanakan pihaknya untuk menjadi wilayah perluasan, Dedie sendiri belum mengungkapkan secara jelas.

"(Diperluas) kemana-kemananya, tentu inginnya daerah yang nempel Kota Bogor," katanya.

AYO BACA : Pelaku Usaha Wajib Buat Lubang Biopori dan Sumur Resapan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar