Yamaha NMax

Jelang Tahun Ajaran Baru, Order Jahitan Seragam Sekolah Meroket

  Kamis, 11 Juli 2019   Husnul Khatimah
Pekerja konveksi menjahit seragam sekolah. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR BARAT, AYOBOGOR.COM -- Jelang tahun ajaran baru 2019, sejumlah pengusaha jasa konveksi kebanjiran orderan karena banyaknya permintaan jahitan seragam sekolah.

Salah satu pemilik usaha konveksi di Kota Bogor Hamidah Purwanti mengaku, di tahun ajaran baru tahun ini orderan jahitan seragam sekolah yang diterima meningkat hingga 80 persen.

"Dibanding hari biasa jumlah peningkatannya 80 persen, kalau hari biasa gak terlalu banyak, ada orderan tapi gak kayak tahun ajaran baru yang melonjak," ujar Hamidah, Kamis (11/7/2019).

Dia mengatakan, orderan jahitan seragam yang datang dari sekolah itu dirasakan meningkat sejak Mei 2019 dan diprediksi akan bertahan hingga September.

"Kebanyakannya seragam sekolah, batik, kaos olahraga, topi, pada umumnya seragam, seragam muslim. Pesanannya datang dari Jabodetabek dan dari luar daerah seperti Riau, Palembang, Medan , Aceh, dan Sulawesi," ungkap Hamidah yang sudah 21 tahun menggeluti usaha konveksi.

Menurutnya, dibandingkan tahun sebelumnya orderan yang dia terima juga dirasakan meningkat tiap tahunnya. Peningkatan pesanan terjadi merata pada seragam SD, SMP maupun SMA.

Dia mengatakan, disaat pesanan meningkat ketersedian bahan baku seperti warna seragam menjadi kendala untuk memenuhi orderan pelanggan karena menjadi langka dipasaran.

"Kendalanya di tahun ajaran baru itu pasti selalu sulit menemukan warna yang diinginkan karena pesanannya dimana-mana rame juga, jadi berebut. Biasanya kalau saya untuk antisipasinya kasih pengertian kepada pelanggan bahwa pesanan yang diminta belum ada karena langka," katanya.

 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar