Yamaha NMax

Bendahara KPU Jadi Tersangka Dugaan Proyek Fiktif, Begini Tanggapan Bima Arya

  Rabu, 19 Juni 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor Bima Arya

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan inspektorat harus lebih gigih dalam mengawasi lembaga internal. Hal itu diungkapannya menanggapi Bendahara Komisi Pemilihan Umum (KPU), HA yang ditetapkan jadi tersangka dugaan proyek fiktif.

Bima mengatakan jika ditelusuri dalam kasus yang menjerat HA itu telah terjadi hal yang melanggar aturan sehingga ke depan pengawasan harus lebih ditingkatkan.

"Kalau saya dalami memang ya seperti itu, terjadi hal yang melanggar aturan disitu, ke depan inspektorat harus lebih gigih lagi untuk memastikan tidak ada pelanggaran hukum di internal ini kemaren mungkin karena ada kebutuhan yang mendesak tetapi seharusnya ada aturan-aturan yang harus diperhatikan," ujar Bima, Rabu (19/6/2019).

Dia mengatakan HA yang disebut oleh kejaksaan Negeri Kota Bogor sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) bukanlah merupakan pegawai pemkot Bogor. Meski demikian pihaknya mendukung tegaknya proses hukum. 

"Itu kan bukan ASN dari Kota Bogor tapi dari kementerian ya, kita hormati proses hukum dan kalau ada kebutuhan dari KPU kita akan koordinasikan, kita hormati proses hukum," terang Bima.

HA ditetapkan oleh Kejari Kota Bogor sebagai tersangka pada Selasa (18/6/2019) sore dan mendekam di Lapas Paledang. Dia dijadikan tersangka karena telah menyimpangkan dana anggaran penyelenggaraan Pilkada 2018 sebesar Rp. 470 juta lebih.

Modus yang digunakan berdasarkan kegiatan yang sudah disahkan dari rapat pleno KPU Kota Bogor. HA yang bertugas sebagai bendahara itu membuat proyek fiktif buletin KPU dan mencairkan dana yang berkenaan dengan buletin tersebut.

Atas perbuatannya itu HA dijerat pasal 2 dan 3 tentang Tipikor dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

"Sementara ini yang jadi tersangka masih sendiri nanti apabila ada perkembangan kita kasih tau," ujar Kasi Pidana Khusus Kejari Kota Bogor, Rade Nainggolan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar