Yamaha Mio S

Bendahara KPU Kota Bogor Jadi Tersangka Korupsi Dugaan Proyek Fiktif

  Selasa, 18 Juni 2019   Husnul Khatimah
Bendahara KPU Kota Bogor ditetapkan menjadi tersangka dugaan proyek fiktif oleh Kejaksaan Negeri Kota Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor).

BOGOR TENGAH,AYOBOGOR.COM -- Kejaksaan Negeri Kota Bogor menetapkan Bendahara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor, HA sebagai tersangka dugaan proyek fiktif, Selasa (18/6/2019).

Kasi Pidsus Kejari Kota Bogor Rade S. Nainggolan mengatakan, dari hasil penyelidikan dan penyidikan, HA diduga membuat proyek fiktif di luar kegiatan yang sudah ditetapkan oleh KPUD Kota Bogor.

"Pada hari ini, Selasa 18 Juni 2019, Kejaksaan Negeri Kota Bogor telah menetapkan tersangka atas perkara dugaan penyimpangan pengadaan barang dan jasa dalam Komisi Pemilihan Umum daerah Kota Bogor dalam rangka pemilihan kepala daerah Kota Bogor  yang bersumber sari dana hibah tahun 2017," ujar Rade.

Menurutnya, penetapan tersangka tersebut merupakan hasil dari rangkaian kegiatan penyidikan yang dilakukan tim penyidik kejaksaan negeri Kota Bogor bersasarkan surat perintah penyidikan kepala kejaksaan negeri kota nogor nomer sprin 2536/O:.12/F.1/O/12/2018 tertanggal 10 Desember 2018.

"Barusan kita melakukan penahanan terhadap HA selaku bendahara KPUD, penyimpangan pengadaan barang dia selaku bendahara berarti dalam proses pencairan," ungkap Rade.

Dijelaskan, modus yang digunakan berdasarkan kegiatan yang sudah disahkan dari rapat pleno KPU Kota Bogor. HA yang bertugas sebagai bendahara itu membuat proyek fiktif buletin KPU dan mencairkan dana yang berkenaan dengan buletin tersebut.

"Nah, ada kegiatan yang diluar ketetapan tersebut jadi ternyata kegiatan ini diluar dari RKB yang ditetapkan KPU. Kegiatan yang dibuat itu adalah buletin dan ternyata di RKB itu enggak ada," kata Rade.

Dugaan korupsi fiktif di tubuh KPU sudah mencuat sejak akhir tahun 2018 ketika beredar informasi bahwa Kejati Kota Bogor melakukan pendalaman terkait adanya dugaan penggunaan anggaran doubel terhadap suatu kegiatan yang diadakan KPU Kota Bogor.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar