Yamaha Aerox

Kuliner Bogor: Segarnya Asinan Jagung Bakar Pak Sabur di Suryakencana

  Kamis, 11 April 2019   Husnul Khatimah
Asinan jagung bakar Pak Sabur di Jalan Suryakencana. (Husnul Khatimah/ayobogor.com)
Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor dikenal dengan ragam kulinernya. Banyak sajian kuliner khas kota hujan yang dapat dicoba jika berada di Bogor di antaranya adalah asinan Bogor yang tidak hanya popoler di kalangan masyarakat Bogor namun juga bagi kalangan wisatawan.

Asinan Bogor adalah kuliner olahan buah yang disajikan dengan kuah campuran antara garam dan gula dengan rasa ciri khas pedes, asam, dan manis yang tentunya seger di lidah dan kerongkongan.

Salah satu asinan yang patut dicoba saat berkunjung ke Bogor adalah asinan jagung bakar Pak Sabur yang berada di jalan Suryakencana atau tepatnya di perempatan simpang Gang Aut, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatam Bogor Tengah.

Sesuai namanya Jagung Bakar Pak Sabur khusus menjual asinan jagung bakar. Menurut Sabur kuliner khas Bogor ini sudah ada semenjak empat tahun lalu dan menjadi satu-satunya di Bogor pedagang yang khusus menawarkan asinan jagung bakar.

Resep asinan jagung bakar Pak Sabur terlahir dari bapaknya yang juga seorang pedagang asinan namun berjualan di daerah berbeda dengan Sabur yakni di Garut.

"Ini ide racikannya dari bapak saya turun temurun sejak 1968 bapak mulai dagang terus sama saya diterusin aja tapi bapak saya dulu jualannya di kampung di Garut, kemudian sama saya dijual di Bogor sejak empat tahun lalulah kira-kira," ujar pria 52 tahun itu saat ditemui di lapak miliknya, Kamis (11/4/2019).

Sabur menjajakan dagangannya dengan cara sederhana di depan pertokoan Jalan Suryakencana menggunakan gerobak. Asinan dapat dinikmati langsung di lapaknya ataupun dibungkus sebagai oleh-oleh.

Satu porsi asinan Jagung Bakar Pak Sabur ini terdiri atas Jagung Bakar yang telah diiris-iris, kuah dengan bumbu garam, gula dan cabe merah. Sepiring jagung bakar dibanderol dengan harga Rp20.000 dan Rp.30.000 jika ditambah kerupuk.

"Asinan banyak tapi dijamin asinan saya ini beda karena jagungnya yang manis, dibakar dengan arang dan racikannya beda, seger dan pedes pokoknya," kata Sabur.

Pria kelahiran Bogor ini mengaku dagangan miliknya banyak digemari oleh wisatawan selain daripada warga Bogor. Dalam satu hari rata-rata Sabur bisa menghabiskan 60 buah jagung dengan berjualan sejak pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

"Sehari rata-rata bisa ngabisin 60 potong jagung, satu potong jagung itu untuk satu porsi. Tapi yang namanya jualan pendapatan itu tidak tetap kadang lebih 60 atau kadang kurang," ungkap Sabur.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar