Yamaha Mio S

Naturalisasi Ciliwung Fokus Ubah Kebiasaan Warga Buang Tinja ke Sungai

  Selasa, 09 April 2019   Husnul Khatimah
Bebersih Sungai Ciliwung. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Program naturalisasi Ciliwung di Kecamatan Bogor Tengah akan difokuskan di dua Kelurahan, yakni di Kelurahan Babakan Pasar dan Kelurahan Sempur. Setelah program ini digencarkan sampah di Sungai Ciliwung yang melewati dua kelurahan ini mulai berkurang.

AYO BACA : Naturalisasi Ciliwung, Satgas Patroli Dibentuk

“Dan saat ini target kita adalah bagaimana merubah kebiasaan warga yang tadinya membuang air (BAB) ke sungai tidak lagi buang air besar ke sungai,” ujar Camat Bogor Tengah, Agustian Syach yang juga selaku Satgas Ciliwung saat ditemui, Selasa (09/04/2019).

AYO BACA : Naturalisasi Ciliwung: Pemkot Bogor Akan Bangun Ribuan Septic Tank

Dia menyebutkan, di Kelurahan Babakan Pasar saat ini masih ada warga yang masih membuang saluran air limbahnya ke sungai karena tidak adanya septic tank.

“Ini PR (pekerjaan rumah) kita (membangun septic tank, nanti penataannya masuk ke dalam dana kelurahan dan juga bantuan dari pusat terkait program penataan Ciliwung,” katanya.

Di Kelurahan Babakan Pasar menurut Agustian Syach akan dibangun beberapa septic tank individu. Mengingat di kelurahan ini tidak memiliki lahan yang cukup maka tidak bisa dibuatkan septic tank komunal. Lain halnya dengan Kelurahan Sempur, rencananya di kelurahan ini akan dibangun septic tank komunal.

Saat ini pihaknya berusaha meminimalisir jumlah warga yang masih membuang air limbah rumah tangga ke sungai. “Merubah kebiasaan itu memang agak sulit, namun secara perlahan warga sekarang sudah mulai menerima dan paham,” ujarnya.

AYO BACA : Enam Langkah Penataan Sungai Ciliwung


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar