Yamaha NMax

Bogor Luncurkan Kampung Pembibitan Alpukat

  Kamis, 14 Maret 2019   Husnul Khatimah
Bupati Bogor, Ade Yasin, saat meresmikan kampung pembibitan alpukat di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong. Kabupaten Bogor, Kamis (14/3/2019). (Husnul Khatimah/ayobogor)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong kini menyandang gelar sebagai kampung pembibitan alpukat di Kabupaten Bogor setelah dilaunching oleh Bupati Bogor, Ade Yasin, Kamis (14/3/2019).

Kampung pembibitan alpukat ini merupakan inisiasi dan dikembangkan oleh Kelompok Petani setempat, yakni Kelompok Tani Tunas Hijauu Sukahati.

"Kampung pembibitan alpukat ini adalah upaya dari Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati untuk mempromosikan produk alpukat unggulan dari Sukahati," ujar Ketua Kelompok Tani Tunas Hijau Sukahati, Ruslan usai peluncuran Kampung Pembibitan Alpukat.

Dia mengatakan ada sebanyak dua varietas bibit alpukat yang dikembangkan oleh petani dalam kampung pembibitan ini yakni alpukat Miky dan Misra.

"Alpukat misra dan miky itu produk andalan kita yang akan kita kembangkan disini, produk tersebut memiliki banyak keunggulan diantaranya daunnya tidak berulat, buahnya manis dapat berbuah sepanjang tahun, miky aslinya dari depok dan misra dari Jambi," kata Ruslan.

Kampung pembibitan alpukat ini akan dikembangkan oleh 70 petani di atas lahan seluas 9 hektare. Dalam waktu satu bulan para petani ini bisa menghasilkan ribuan bibit alpukat siap jual.

"Setiap petani sebenarnya menggembangbiakan berbagai macam tanaman tapi komoditas unggulan kita adalah alpukat dan kita sudah bisa suplai ke daerah Jabodetabek kemudian Lampung, Semarang, Kalimantan, Bali, Magelang dan Banyumas," kata Ruslan.

Dalam pengembangan kampung pembibitan alpukat ini sambung Ruslan pihaknya juga memberikan pelatihan bagi para petani baru yang ingin mengembangbiakan bibit alpukat.

"Harapannya kampung alpukat ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani di Sukahati," katanya

Sementara itu Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan kampung pembibitan ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bogor.

"Saya rasa ini suatu program yang bagus yang diinisiasi oleh para kelompok tani. Ini sesuai dengan keinginan kita one produk one village. Harapannya bisa memberdayakan masyarakat lebih optimal dan meningkatkan ekonomi juga," katanya.

Ke depan sambung Ade akan ada lebih banyak kampung-kampung yang mempunyai kekhasannya masing-masing seperti kampung Pembibitan Alpukat.

"Nantinya setiap wilayah akan punya ke kasan tersendiri, kita harapkan juga kampung pembibitan alpukat ini meluas bukan hanya di Sukahati tapi di seluruh Kecamatan Cibinong jadi Kampung Pembibitan Alpukat," tukas Ade. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar