Yamaha NMax

Robot dapat Gantikan Manusia di Revolusi Industri 4.0?

  Senin, 11 Maret 2019   Fira Nursyabani
Logo SBM ITB.

BANDUNG, AYOBOGOR.COM -- Perkembangan teknologi pada berbagai bidang telah banyak membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan, terutama dalam bidang industri. Kini perkembangan teknologi tersebut dapat mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis.

Seminar ID 4.0 “Towards Indonesia 4.0”  yang digelar oleh School and Business Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), pada Jumat (8/3/2019) memaparkan bagaimana Indonesia dan para pemuda bersiap menghadapi revolusi industri keempat tersebut.

Revolusi industri keempat atau yang dikenal dengan Industri 4.0 merupakan babak baru rangkaian perkembangan industri dari abad ke abad yang memanfaatkan teknologi dan mengubah industri konvensional menjadi industri digital.

Sebelumnya, tahap revolusi pertama terjadi pada abad ke-18 dengan ditemukannya mesin uap dan manufaktur. Revolusi ini diikuti revolusi industri kedua pada abad ke-19, yang ditandai dengan munculya mesin listrik.

Revolusi industri ketiga pada abad ke-20 merupakan revolusi industri yang hingga kini masih dirasakan dan akan segera tergeser. Komputer dan teknologi informasi akan digantikan oleh rekayasa kecerdasan dan automasi di revolusi industri keempat.

Adanya teknologi dan rekayasa kecerdasan yang memungkinkan proses industri secara automasi tersebut dapat melipat gandakan produktivitas dan efektivitas. Bahkan kemampuan yang dilakukan manusia secara berulang dapat digantikan oleh robot.

Sehingga dalam menghadapi revolusi industri ini, akan banyak kemampuan yang dapat digantikan oleh mesin, tetapi juga akan banyak kemampuan baru yang dibutuhkan.

Hardskill baru yang dibutuhkan dalam menghadapi industri 4.0 ini di antaranya adalah kemapuan literasi informasi, media, dan teknologi. Beberapa kemampuan yang akan banyak dibutuhkan di masa yang akan datang adalah analisis data, pengembangan aplikasi, keamanan siber, strategi inovasi, dan kemampuan terkait pengumpulan dan pengolahan data.

Kemampuan lainnya yang sangat pentng dalam menghadapi revolsi industri keempat adalah softskill yang tidak akan digantikan oleh robot, di antaranya adalah komunikasi, kolaborasi, kemampuan berfikir dalam berwirausaha, management, dan kemampuan lainnya yang meliputi insting dan kemampuan manusia yang tidak dapat digantikan oleh mesin atau robot.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar