Yamaha NMax

Kuasa Hukum Habib Bahar Ingin Peradilan Kembali ke Cibinong

  Rabu, 06 Maret 2019   Anya Dellanita
Massa menggelar aksi di depan gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung di Jalan Seram, Kecamatan Bandung Wetan, menjelang gelaran sidang kedua Bahar bin Smith, Rabu (6/3/2019). (Anya Dellanita/Ayo Media Network)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM -- Tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith meminta peradilan kasus penganiayaan remaja yang menjerat kliennya agar dapat kembali dipindahkan ke Cibinong, Kabupaten Bogor. Pengadilan Negeri (PN) Bandung dianggap tidak berwenang menangani kasus tersebut.

Dalam pembacaan nota keberatan, salah satu kuasa hukum Habib Bahar, Munarman, mengatakan ada tiga poin yang menjadi dasar permintaan pemindahan itu. Tiga poin tersebut adalah tempat, saksi, dan bukti.

\"Pertama, karena tempat peristiwa ini kan terjadinya di Kabupaten Bogor, ya pengadilannya Cibinong. Yang kedua kan saksi juga lebih banyak di sana, jadi menurut asas peradilan cepat-murah ya harus di Cibinong,\" ujarnya saat ditemui usai sidang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bandung, Rabu (6/3/2019).

AYO BACA : Pendukung Padati Lokasi Sidang Kedua Bahar bin Smith

Munarman juga mengatakan jika peradilan dilakukan di Cibinong, maka akan lebih dekat dengan pihak keluarga terdakwa. \"Kalau di Bogor kan keluarga terdakwa juga bisa mengunjungi kan dekat. Jadi dari aspek kemanusiannya juga memudahkan untuk menjenguk,\" katanya.

Selain itu, dia juga menganggap dakwaan yang ditujukan kepada kliennya belum jelas. Menurutnya, saat ini masih belum dijelaskan apakah benar kasusnya termasuk penganiayaan anak atau bukan.

\"Satu saksi korban itu kan sudah dewasa, satu lagi memang masih remaja. Jadi harus dibedakan mana hukuman penganiayaan anak sama yang bukan,\" tuturnya.

AYO BACA : Kuasa Hukum Habib Bahar Bacakan 5 Nota Keberatan dalam Sidang Eksepsi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar