Yamaha

Kang Emil: Bogor Street Fest Tunjukkan Warga Jabar Cinta Persatuan

  Rabu, 20 Februari 2019   Husnul Khatimah
Bogor Street Fest Cap Go Meh 2019 di Jalan Suryakencana yang berlangsung meriah pada Selasa (19/2/2019). (Husnul Khatimah/ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan gelaran Bogor Street Fest Cap Go Meh (BSF CGM) 2019 menunjukkan bahwa masyarakat Jawa Barat mencintai persatuan dan hidup guyub di tengah keberagaman kebudayaan. Acara tahunan itu dihelat di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, pada Selasa (19/2/2019).

"Dari Bogor kita berkomitmen, kita kuatkan persatuan kita, atas nama Pemprov Jabar di wakili oleh Kota Bogor kita ingin menunjukan bahwa ekspresi budaya, ekspresi keberagaman kita mendapatkan tempat seluas-luasnya sebaik-baiknya di Indonesia," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Dia juga menjamin bahwa pemerintah akan memperlakukan setiap warga negaranya dengan perlakuan yang sama tanpa ada perbedaan.

"Selama saya jadi Gubernur Jabar semua warga Indonesia akan mendapat hak yang sama tidak dibedakan semua warga harus diayomi. Hari ini saya sangat berbahagia mudahan-mudahan ini menjadi kebanggaan, kita akan terus dukung acara yang menyatukan kita dengan semangat keindonesiaan," ujar dia.

AYO BACA : Menengok Indahnya Keragaman Budaya di Bogor Street Fest CGM

Pesta rakyat yang menjadi ajang pemersatu bangsa ini dihadiri oleh ribuan masyarakat, tokoh pemuka lintas agama, dan para pejabat tinggi, baik dari instansi pemerintah, TNI maupun Polri. BSF CGM 2019 dikemas dengan tema menarik yakni Katumbiri Lighting Festival.

Katumbiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti pelangi, yang mengandung nilai keindahan dalam keberagaman. Harapannya, acara ini dapat menjadi semangat warga Bogor dalam merawat keberagaman.

Perpaduan warna-warni pelangi yang biasa dilihat menghiasi langit setelah hujan, diumpamakan sebagai persembahan indahnya persatuan, kekayaan budaya, dan kebersamaan warga Bogor.

Tak kurang dari 45 pengisi acara dari sanggar, komunitas, dan organisasi kemasyarakatan ikut andil dalam memeriahkan gelaran budaya BSF 2019 ini. Dari Jawa Barat sendiri hadir pertunjukan kesenian dari Ciamis, Indramayu, Sumedang, dan Kabupaten Bandung.

Sementara kesenian lainnya mempertunjukan kekayaan budaya dari Papua, Bali, Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan. Selain dari dalam negeri, peserta karnaval juga dimeriahkan oleh suguhan budaya dari mancanegara, antara lain kesenian dari India melalui perwakilan dari Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre (JNICC) dan partisipasi kesenian dari Tainan City.

AYO BACA : Saksikan Bogor Street Fest CGM, Warga Padati Jalan Suryakencana


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar