Yamaha Mio S

KPU Kota Bogor Kebut Perakitan Kotak Suara

  Senin, 11 Februari 2019   Husnul Khatimah
Perakitan Kotak Suara Pemilu 2019. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mulai sibuk melakukan perakitan kotak suara Pemilu 2019 di gudang Bappenda Kota Bogor yang dimulai sejak Senin (11/2/2019).

Ketua KPU Kota Bogor Samsoedin mengatakan perakitan kotak suara itu ditargetkan selesai dalam waktu seminggu. Perakitan itu dilakukan di gudang Bappenda dan gudang logistik KPU di Bogor Baru.

"Hari ini KPU Kota Bogor melakukan perakitan kotak suara sebanyak 3.209 TPS artinya setara dengan 16.045 kotak kita mulai hari ini dan ditargetkan selesai dalam waktu satu minggu," ujar Samsoedin disela-sela pelipatan kotak suara.

AYO BACA : KPU Kota Bogor Mulai Distribusikan Logistik Pilkada

Kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut dirakit oleh tenaga KPU Kota Bogor, pelajar magang dan diawasi oleh Bawaslu.

"Kami minta para petugas yang melakukan perakitan memastikan proses perakitan tidak salah tidak merusak kotak suara, tidak langsung ke lantai tapi dialasi palet untuk memastikan agar tidak ada rayap," kata Samsoedin.

Pihaknya sambung Samsoedin menjamin keamanan kotak suara yang dirakit di dua gudang berbeda tersebut karena dijaga oleh kepolisian, Bawaslu dan petugas keamanan gudang.

AYO BACA : KPU Kota Bogor Terus Distribusikan Alat Peraga Kampanye

Sementara selain kotak suara, terkait logistik Pemilu, KPU saat ini juga tengah menunggu surat suara dan menunggu sejumlah logistik yang dirasakan masih kurang.

"Logistik yang kurang kami sudah ajukan ke KPU RI yang paling banyak kekurangan bilik suara 2400-an yang lain sudah cukup dan surat suara sesuai jadwal akan dikirim tanggal 11 Maret 2019 sebanyak 3,6 juta lembar," kata Samsoedin Samsoedin.

Jika kegiatan perakitan kotak suara dan surat suara sudah selesai pihaknya sambung Samsoedin akan menyalurkan logistik Pemilu tersebut ke Tempat Pemungutan Suara sehari sebelum pencoblosan.

"Kita ada timeline, H-7 itu seluruh logistik pemilu sudah harus selesai di tingkat kota dan didistribusikan H-1 ke TPS. Semua proses akan dikawal oleh Bawaslu dan bahkan kepolisian," tukas Samsoedin.

AYO BACA : Mahasiswa Tuntut Kejari Usut Tuntas Dugaan Korupsi KPU Kota Bogor


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar