Yamaha NMax

Mensos Sayangkan Banyak Panti Sosial Beralih Fungsi

  Jumat, 08 Februari 2019   Husnul Khatimah
Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat kegiatan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial Lanjut Usia, di Bogor, Jumat (8/2/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pihaknya sangat menyayangkan banyaknya ditemukan panti-panti sosial di Indonesia yang beralih fungsi.

Panti yang dimaksud oleh Agus merupakan panti yang diberikan oleh Kementerian Sosial kepada Pemerintah Daerah (Pemda) mulai dari panti lansia, panti anak hingga panti untuk tunanetra.

"Saya tidak mau mengatakan berapa persen yang beralih fungsi tapi saya ingin mengatakan ada temuan yang membuat kita tidak nyaman yaitu panti-panti yang sudah diserahkan ke kementerian sosial kepada Pemda, Provinsi itu sangat disayangkan mereka merubah fungsi panti," ujar Agus di Bogor, Jumat (8/2/2019).

AYO BACA : Panti Sosial di Sukabumi Pernah Rawat Orang Mirip Nining Sunarsih

Meski tidak menyebutkan secara jelas Pemda mana yang dimaksud namun Agus mengungkapkan bahwa panti-panti tersebut beralih jauh dari fungsi sebelumnya yang diperuntukkan untuk menampung warga Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

"Ada yang berubah fungsi jadi GOR, gelangang olahraga, kan enggak ada hubungannya sama sekali dengan penyandang masalah sosial dengan GOR, jadi itu sama sekali berubah fungsi. Ada juga yang berubah fungsi sebagai kantor-kantor dinas, itu sangat disayangkan," kata Agus.

Akibat banyaknya panti-panti sosial yang beralih menjauhi fungsinya menurut Agus dampaknya sudah jelas yakni membuat layanan dasar bagi warga PMKS terbengkalai. Oleh sebab itu pihaknya akan meminta kembali panti yang telah beralih fungsi kembali pada fungsi awalnya.

"Dalam waktu dekat kami akan mengirim surat ke Mendagri untuk melakukan pembenahan dan pengalihan fungsi kembali panti-panti yang sudah dialihkan fungsi kepada non panti agar fungsinya dikembalikan. Itu yang bisa kita lakukan, kita imbau karena memang sudah kita serahkan kepada mereka (Pemda)," tukas Agus.

AYO BACA : Mengapa Tak Berlibur Untuk Kerja Sosial?


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar