Yamaha Mio S

Kuliner Bogor: Sate Kepo Bikin Kepo Sabogoreun

  Kamis, 07 Februari 2019   Husnul Khatimah
Sate Kepo di Taman Heulang, Kota Bogor. Satu porsi Sate Kepo dibanderol dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 8.000. (Husnul Khatimah/ayobogor.com)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM -- Bagi kamu yang suka icip-icip makanan dan selalu ingin tahu segala sesuatu secara detail alias kepo, kuliner Bogor satu ini wajib dicoba, Sate Kepo. Sejak awal kemunculannya di Taman Heulang Kota Bogor, Sate Kepo sudah bikin kepo sabogoreun, karena namanya yang bikin orang-orang penasaran.

Pemilik Sate Kepo, Rani Septiar (21), mengatakan sate kepo bukanlah sate yang berbahan dasar ayam, sapi, atau kambing. Sate ini khusus menyediakan telur ayam dan telur puyuh yang ditusuk menggunakan tusuk sate.

"Banyak yang berpikir makanan ini sate padahal bentuknya doang yang kayak sate yang ada tusukannya, padahal bukan sate yang kayak orang-orang tahu seperti sate daging gitu kan," ujar Rani kepada ayobogor.com, saat ditemui di lapak Sate Kepo, Kamis (7/2/2019).

Menurut Rani, kuliner hasil racikannya itu diberi nama sate kepo lantaran banyak pembeli yang ingin tahu sebutan dari sate itu. Sementara saat itu Rani sendiri belum memberikan nama bagi dagangannya.

"Sate kepo itu sebetulnya tadinya gak langsung dinamakan sate kepo. Jadi awalnya kita bingung bentuknya kayak sate tapi namanya belum ada, banyak yang nanya awalnya namanya sate apa sih, sate apa sih, kan kepo. Nah dari sana tercetuslah sate kepo," papar Rani.

Keinginan Rani untuk memberikan sebutan Sate Kepo pada makanannya semakin mantap setelah dia mengetahui bahwa kata kepo juga merupakan sebuah singkatan yang cocok untuk masakannya yakni 'Kekinian Pool'. "Awalnya saya jualan di SD Pondok Rumput dan akhirnya dicetuskan namanya Sate Kepo dan nyari-nyari artinya ternyata kepo itu ada yang bilang artinya kekinian pool, yaudah Sate Kepo aja namanya," kata Rani.

Sate Kepo buatan Rani memiliki banyak menu, seperti sate telur ayam, sate telur puyuh, sate cireng, dan sate pelangi. Sate-sate tersebut dilengkapi dengan aneka topping mulai dari baso, keju, kornet, hingga sosis.

"Sate telur ayam itu isinya ada kornetnya, ada baso, keju, makaroni mie, dan bumbu lainnya. Sate pelangi itu dari adonannya manis kayak kue cubit, ada lima rasa dengan toping coklat, keju. Sate cireng aci digoreng dicelupkan ke telur nanti ditaburi kacang. Semuanya ditusuk kayak sate," terang Rani.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate bervariatif, namun tak bikin kantong jebol. Kamu dapat mencicipi Sate Kepo hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 5.000 sampai Rp 8.000.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar