Yamaha NMax

Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Kota Bogor Meningkat

  Rabu, 06 Februari 2019   Husnul Khatimah
(Pixabay.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Komisi Perlindungan Anak Indonesia Kota Bogor mencatat kasus kekerasan terhadap anak di wilayah Kota Bogor meningkat pada tahun 2018 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kalau dari tahun 2017 kemudian ke tahun 2018 ini tingkat kekerasan di Bogor ini mengalami peningkatan," ujar Komisioner Bidang Pornografi dan Cybercrime KPAI Kota Bogor, Sumedi melalui sambungan telepon kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Sumedi mengatakan data yang dia miliki itu berdasarkan laporan langsung dari masyarakat kepada KPAI yang berbeda dengan laporan kepada kepolisian.

"Jadi kami menampung laporan dari warga masyarakat Bogor, beda dengan yang melaporkan langsung kepada pihak kepolisian ya jadi ini langsung ke KPAI, jadi ini kita mengakomodir masyarakat langsung yang melaporkan kekerasan kepada KPAI," terang Sumedi.

AYO BACA : Upaya Kota Bogor Turunkan Angka Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan

Berdasarkan laporan dari masyarakat itu diketahui beragam tindak kekerasan dialami oleh anak mulai dari kekerasan fisik, kekerasan verbal, dan seksual.

"Peningkatannya kalau dari tahun 2017 ke 2018 itu peningkatan sekitar 25 sampai 30 persen," sebut Sumedi.

Menurutnya angka peningkatan tersebut terbilang tinggi dan berharap supaya pemerintah dan lembaga terkait berupaya untuk menekan angka kekerasan terhadap anak tersebut.

"Kalau kami melihat seberapa pun jumlah peningkatan ini kami tetap mengkhawatirkan dan ini tinggi, justru kami inginnya tidak terjadi kenaikan angka kekerasan terhadap anak di Bogor ini, bagaimana kerja sama antara pemerintah daerah dengan lembaga-lembaga terkait semaksimal mungkin untuk menekan angka kekerasan terhadap anak apalagi dengan predikat Kota Bogor sebagai kota layak anak ya ini harus menjadi catatan untuk kita semua bahwa bukan hanya kita sekedar mendapat predikat tapi ya tindak kekerasannya malah semakin meningkat ini kan enggak bagus," tukas Sumedi.

AYO BACA : Begini Pengakuan Orang Tua Siswa yang Diduga Korban Kekerasan di Sekolah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar