Yamaha Mio S

Sedang di Bogor, Yuk Icip-icip Soto Khas Kota Hujan

  Sabtu, 26 Januari 2019   Husnul Khatimah
Soto kuning Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Bogor sering menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta. Selain lokasinya yang tak jauh berada dari ibu kota objek wisata di Bogor juga beraneka ragam.

Tak hanya objek wisata, di kalangan pelancong, Bogor juga dikenal dengan keanekaragaman kulinernya yang berlimpah dan tak membikin kantong jebol.

Salah satu kuliner khas Bogor yang pasti menjadi incaran wisatawan adalah soto khas Bogor. Rasanya yang gurih, lezat dan dihidangkan dengan kuah yang hangat cocok dinikmati di segala kondisi cuaca baik hujan maupun musim panas.

Tak perlu kawatir mencari dimana kuliner ini berada karena sangat mudah menemukannya di jalanan perkampungan maupun perkotaan di Bogor. Biasanya dagangan ini dijajakan dengan gerobak atau kios-kios di pinggiran jalan.

Ada dua jenis soto khas Bogor yakni soto kuning dan soto mie khas Bogor. Dua-duanya memiliki rasa khas yang dijamin bikin semua orang ketagihan.

Soto Kuning

Soto kuning merupakan soto yang bisa dibilang khas Bogor banget karena hanya di Bogor soto yang memiliki kuah berwarna kuning ini mudah ditemukan. Warna kuning pada soto berasal dari olahan rempah antara lain kunyit, serai dan lengkuas.

Berbeda dengan kebanyakan soto lainnya, soto kuning khas Bogor tidak disajikan dengan olahan mie hanya kuah soto dan daging saja dan tentunya ditambah dengan nasi putih. Soto kuning terasa gurih di lidah dengan santan dan taburan bawang goreng dan serai pada kuahnya.

Tersedia berbagai menu soto kuning yang dapat dicoba antara lain kikil, daging sapi, babat, paru, usus, lidah dan jeroan sapi lainnya. Satu menu soto dengan satu potongan daging biasanya dibanderol dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000.

Soto Mie Khas Bogor

Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, lobak rebus, mie kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri. Semakin komplet dengan tambahan emping melinjo.

Berbeda dengan kuah soto pada umumnya yang bersantan, kuah Soto Mie Bogor cenderung bening dan tak pake santan. Selain mie kuning beberapa pedagang biasanya juga menyediakan mie bihun penambah sajian soto.

Soto mie khas Bogor biasanya makin enak disantap dengan tambahan sambal yang pedas untuk menghangatkan badan di kala cuaca Bogor yang sedang dingin seperti sekarang ini.

Satu nasi soto mie khas Bogor dan nasi putih yang ditaburi bawang goreng biasanya dibanderol dengan harga Rp 17.000 - Rp. 25.000.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar