Yamaha NMax

Setengah Abad Berlalu, Gedung LVRI Kota Bogor Direnovasi

  Selasa, 22 Januari 2019   Husnul Khatimah
Gedung Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bogor rampung direnovasi. Gedung yang terletak di Jalan Raya Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor itu diresmikan langsung oleh Ketua LVRI Kota Bogor A Siswa Surkayaditisna, Selasa (22/1/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Gedung Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bogor rampung direnovasi. Gedung yang terletak di Jalan Raya Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor itu diresmikan langsung oleh Ketua LVRI Kota Bogor A Siswa Surkayaditisna, Selasa (22/1/2019).

Peresmian yang dirangkaikan dengan Milad LVRI Kota Bogor ke-62 itu berlangsung khidmat dan hangat. Para veteran yang meski sudah lanjut usia tetap terlihat gagah dan nampak raut bahagia.

AYO BACA : HUT TNI di Bogor, Warga dan Tentara 'Botram' di Lapangan Sempur

"Gedung ini kondisinya sudah menjadi lebih baik dan bagus dari sebelumnya. Sebelum direnovasi gedung ini dalam kondisi rusak berat dan setiap saat bisa runtuh," ujar Koloner (Purn)  M. Husni selaku Kepala Bagian Generasi Penerus LVRI Kota Bogor.

M. Husni mengatakan, gedung ini sudah berdiri selama 50 tahun tanpa pernah direnovasi sama sekali. Sehingga membuat kondisi bangunan sangat tidak layak ditempati. Pihaknya pun sempat bergerak mencari bantuan dana baik dari pihak swasta maupun pun dari pemerintah, namun baru bisa kali ini terealisasi.

AYO BACA : Hikayat Singkat K.H. Sholeh Iskandar, Pejuang Kebanggaan Warga Bogor

"Ya kami memaklumi keterbatasan anggaran dari swasta dan pemerintah. Tapi Alhamdulillah sekarang bisa terealisasi dengan semangat gotong royong," ujarnya.

Dengan kesadaran penuh, Ketua LVRI Kota Bogor menginstruksikan 200 anggota veteran untuk saling gotong royong menyumbang biaya renovasi. Pasalnya, gedung ini harus diselamatkan sebagai satu-satunya aset milik veteran. Sumbangan pun tidak dipaksakan jumlahnya alias sesuai kemampuan anggota.

"Kekurangan dana ditutupi oleh ketua, sampai akhirnya terkumpul dana kurang lebih Rp500 juta untuk merenovasi gedung ini," terang dia.

Husni menambahkan, dengan anggaran yang jumlahnya tidak besar itu, LVRI turut dibantu Pemuda Panca Marga (PPM) yang mempunyai usaha konstruksi dan lainnya. Sehingga menghasilkan bangunan yang saat ini sudah lebih layak dan nyaman. Apalagi momentum ini bersamaan dengan HUT LVRI Ke-62 yang tepat jatuh pada Rabu (2/1/2019) lalu. Tak ayal, ini menjadi hadiah terspesial bagi seluruh anggota.

"Kami bangga sekali bisa merenovasi gedung ini karena kami akan mewariskan ini ke generasi veteran mendatang. Harapan kami pertahankan semangat gotong royongnya agar segala sesuatu yang diinginkan bisa terwujud, karena kami tidak punya apa-apa hanya tekad yang kami punya," tegasnya.

AYO BACA : Miris! Veteran Pejuang Kemerdekaan Masih Hidup Tak Layak


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar