Yamaha NMax

Diduga Ada Pungli Layanan KTP-el, Bima Arya Janji Telusuri

  Kamis, 17 Januari 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM--Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan sidak ke kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil pada Kamis (17/1/2019). Hal ini dilakukan akibat banyaknya keluhan yang datang dari warga terkait lambannya layanan KTP-el.

Salah satu keluhan warga yang diterima Bima adalah dugaan yang mengarah adanya praktik pungutan liar atau pungli. Hal itu terlihat dari warga yang melaporkan bahwa ada yang mendapatkan pelayanan KTP-el lebih cepat karena dibayar.

AYO BACA : Layanan KTP-EL Dikeluhkan Warga, Bima Arya Geram

"Saya sering dapat keluhan dari warga, pertama KTP-nya lama, kedua ada yang bayar dan lebih cepat, saya ingin pastikan apa yang terjadi," ujar Bima.

Dia mengatakan pihaknya akan melacak tentang penyebab lambatnya layanan KTP-el itu termasuk kemungkinan adanya praktik pungli.

AYO BACA : Ayomedianetwork Silaturahmi dengan Walikota Bogor Bima Arya

"Soal ada yang bayar saya ingin lacak, bayar kenapa, apakah betul warga didahulukan karena dibayar, kalau didahulukan karena di bayar saya akan tindak semua, jangan sampai warga itu mendapatkan pelayanan lebih karena mengeluarkan uang," kata Bima.

Lambatnya layanan KTP-el menurut Bima mengindikasikan antara pegawai yang malas atau adanya permainan oknum. Oleh sebab itu pihaknya akan telusuri kemungkinan tersebut.

"Saya akan telusuri disini orang-orang yang mengambil keuntungan itu, masak yang kayak gini dibisnisin, keterlaluan menurut saya," kata Bima kesal.

"Siapa yang melakukan? Saya belum tahu. Bisa ada keterlibatan orang dalam, atau bisa juga ada paksaan dari pihak luar dan yang didalam tidak menerima uang. Saya minta semua laporan ini ditelusuri," pungkas Bima.

AYO BACA : Bima Arya: Proses Penataan Plaza dan Pasar Bogor Masih Panjang


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar