Yamaha NMax

Ngopi Pinggir Kali: Ngopi Asik Kali Bersih

  Minggu, 06 Januari 2019   Husnul Khatimah
Pelbagai komunitas pegiat lingkungan melakukan aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung, di bawah jembatan Jalak Harupat, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah dalam kegiatan “Kopi Pinggir Kali : Ngopi asik kali bersih, Minggu (6/1/2019). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Pelbagai komunitas pegiat lingkungan melakukan aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung, di bawah jembatan Jalak Harupat, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah dalam kegiatan “Kopi Pinggir Kali : Ngopi asik kali bersih.

Seturut namanya kegiatan ini memadukan bebersih sungai sambil ngopi di pinggir kali. Usai melakukan bersih-bersih, juga dilakukan pelepasan bibit ikan endemik Sungai Ciliwung jenis ikan Soro (ikan Dewa) dan ikan Nilam sebanyak 5.000 ekor.

Lurah Sempur, Rena Da Frina mengatakan kegiatan bebersih sambil ngopi direncanakan akan rutin dilakukan setidaknya setiap dua Minggu sekali sebagai upaya naturalisasi sungai Ciliwung.

AYO BACA : Warga Bogor, Yuk Ikut Bebersih Kali Sambil Ngopi

\"Ini kolaborasi kita pemerintah kota dengan komunitas pecinta lingkungan hidup, kita tidak hanya mulung tapi juga ada yang lebih menarik lagi kita ajak mereka kumpul kita kasih mereka kopi gratis di pagi hari sambil mulung sampah,\" ujar Rena Da Frina baru-baru ini.

Dia mengatakan kegiatan yang juga ikut digagas oleh para komunitas lingkungan ini diharapkan menjadi pilot projek yang nantinya juga akan dicobakan pada kelurahan lainnya yang dilewati oleh aliran sungai Ciliwung.

“Gol utamanya adalah sungai Ciliwung bebas dari sampah itu yang paling penting, karena sejalan dengan programnya pak walikota yaitu naturalisasi sungai ciliwung disamping sungainya bersih, baru nanti akan kita tata bersama,” kata Rena.

AYO BACA : Masyarakat Kota Bogor Bebersih Sungai Ciliwung

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih Ciliwung tersebut menonjolkan sisi minuman kopi karena juga memiliki tujuan untuk mengenalkan budaya minum kopi lokal Indonesia ke masyarakat.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut, dirinya menegaskan bahwa Bogor harus serius merawat sungai Ciliwung dengan terus berkolaborasi bersama para pegiat lingkungan serta masyarakat.

\"Ada tiga jurus yang harus diterapkan untuk Ciliwung bebas sampah yakni, tidak boleh berhenti artinya harus terus dilakukan, tidak bisa sendiri ya harus berkolaborasi dengan teman-teman komunitas dan yang ketiga harus berkreasi ini kan model yang sangat kreatif menggabungkan barista yang ada di sini para penikmat kopi juga,” ungkapnya.

Menurutnya jika tiga jurus tersebut dijalankan maka target menjaga kualitas hidup keluarga, mencegah banjir serta membangun wisata air dan kampung tematik yang terpadu akan mencapai target.

AYO BACA : Penataan Sungai Ciliwung Dimulai Dengan Aksi Bebersih


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar