Mulai Beroperasi, Berapa Tarif Parkir Elektronik di Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Dec 05, 2018 | 17:46 WIB
Mulai Beroperasi, Berapa Tarif Parkir Elektronik di Bogor
Seorang juru parkir mengoperasikan mesin parkir elektronik, Rabu (5/12/2018). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Parkir Elektronik di dua ruas jalan di Kota Bogor yakni Jalan Suryakencana dan Jalan Otista yang telah terpasang sejak Agustus 2018 telah mulai beroperasi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan ada sebanyak 17 mesin parkir yang dipasang dan dijaga oleh juru parkir pada setiap mesinnya. Nantinya pengendara yang memarkir kendaraannya di lokasi tersebut akan dikenakan tarif parkir progresif.

AYO BACA : Kota Bogor Bakal Terapkan Parkir Elektronik

"Tarif progresif itu untuk roda empat sesuai Peraturan Daerah (Perda) tentang tarif parkir untuk tarif mobil Rp6.000 dan untuk motor Rp2.000," ujar Dody saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (5/11/2018).

Beroperasinya parkir elektronik di Kota Bogor lanjut Dody membuat pengendara harus menggunakan e-money bank mandiri untuk membayar parkir dengan cara menempelkan e-money pada mesin parkir.

AYO BACA : Mesin Parkir Elektronik Dioperasikan Mulai 1 Oktober

"Sementara untuk pengguna parkir yang belum mempunyai kartu e-money bank mandiri bisa melalui juru parkir, mereka sudah kita lengkapi e-money. Jadi nanti yang punya juru parkir di tap di mesin parkir dan otomatis saldonya berkurang. Nanti yang parkir bayar sesuai jumlah yang di tap ke juru parkir," ujar Dody.

Parkir elektronik sendiri menurutnya telah dioperasikan sejak 3 hari yang lalu dan pengoperasian parkir elektronik masih dalam tahap ujicoba, meski demikian belum ada kendala dalam pengoperasiannya.

"Kita ujicoba sampai akhir bulan Desember ini. Nanti kalau misalnya dampaknya positif jalani terus dan kalau ada kekurangan kita akan perbaiki, tapi sampai sekarang belum ada kendala," ungkap Dody.

Untuk diketahui penggunaan teknologi parkir diterapkan di Kota Bogor selain agar terlihat lebih tertata juga sebagai upaya pemerintah untuk meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor yang berasal dari retribusi parkir.

AYO BACA : Akhir Agustus, Parkir Elektronik Masih Belum Beroperasi

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox