Bank Bukopin Gandeng ITB, Sinergi Penyediaan Layanan dan Pendidikan Internal
pada Dec 04, 2018 | 21:50 WIB
Bank Bukopin Gandeng ITB, Sinergi Penyediaan Layanan dan Pendidikan Internal
Rektor ITB Kadarsah Suryadi (kanan) dan Dirut Bank Bukopin Rachmansyah Gindo (kiri), menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam penyediaan layanan pembayaran biaya perkuliahan mahasiswa secara "host to host", di Gedung Rektor ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa (4/12/2018). Kerjasama tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan pada mahasiswa ITB dalam melakukan pembayaran biaya studi, dan memudahkan manajemen ITB dalam mengelola dana yang diterima dari pembayaran biaya kuliah ma

BANDUNG, AYOBOGOR.COM--Bank Bukopin dan Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkuat sinergi dengan menyepakati kerja sama dalam penyediaan layanan pembayaran biaya perkuliahan mahasiswa secara host to host.

Direktur Utama Bank Bukopin, Eko Rachmansyah Gindo mengatakan melalui layanan pembayaran tersebut mahasiswa ITB dapat melakukan berbagai jenis pembayaran dana pendidikan, mulai dari uang pangkal, SPP, sampai biaya semester pendek melalui jaringan Bank Bukopin dengan sistem open payment.

Melalui sistem tersebut pembayaran dapat dilakukan oleh mahasiswa sewaktu-waktu dengan nominal yang fleksibel.

"Dengan host to host ini seluruh mahasiswa ITB baik S1 maupun pascasarjana bisa melakukan pembayaran melalui jaringan elektronik chanelnya Baknk Bukopin. Kami punya di ATM, internet banking, dan juga digital banking product," ungkap Eko saat ditemui usai penandatanganan kerja sama di Gedung Rektorat ITB, Selasa (4/12/2018).

Bagi Bank Bukopin, penyediaan layanan pembayaran biaya studi mahasiswa ITB tersebut pada tahap awal merupakan bagian dari strategi untuk memacu penerimaan dana pihak ketiga. 

Saat ini terdaftar sekitar 24.000 mahasiswa ITB yang otomatis juga menjadi nasabah potensial bagi Bank Bukopin. Layanan kantor kas Bank Bukopin di Kampus ITB telah beroperasi sejak tahun 2002.

AYO BACA : bank bjb syariah Raih Penghargaan Anugerah Perbankan Indonesia 2018

“Jadi, untuk saat ini kami masih fokus memaksimalkan jaringan bank Bukopin yang berada di lingkungan ITB,” jelas Eko.

Pada tahap berikutnya, kerja sama tersebut lanjut Eko, rencananya akan diintegrasikan ke dalam layanan digital yang dikembangkan Bank Bukopin, yaitu aplikasi payment point Bukopinet dan tabungan digital Wokee. 

"Ini perluasan jaringan sebagai bagian dari program Bukopin untuk meningkatkan transaksional banking. Salah satunya dengan kerja sama komunitas pendidikan. Kami juga ada dengan komunitas UKM," lanjutnya.

Eko mengharapkan kerja sama tersebut dapat semakin memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran biaya studi dan memudahkan manajemen ITB. 

“Kerja sama ini lebih bersifat ke penyatuan host to host. Dan kedua sistem harus bisa saling mengakses. (Host to Host) ini sudah kami selesaikan sehingga kami sudah bisa lakukan kerja sama dengan ITB  hari ini,” ujarnya 

Sementara itu, selama ini bank Bukopin juga telah menyediakan fasilitas ambulans di kantor pusat dan sejumlah cabang untuk kebutuhan keluarga karyawan dan masyarakat sekitar. Di samping itu, melalui program CSR pengadaan ambulans juga telah dilakukan di beberapa perguruan tinggi. 

AYO BACA : Bank Kota Bogor Sabet Penghargaan Golden Awards BPR

Pada kesempatan tersebut, Bank Bukopin juga menyerahkan bantuan berupa sat unit kendaraan ambulans kepada ITB sebagai bagian dari kegiatan CSR perseroan. 

Dengan program CSR berupa pengadaan mobil ambulans di kampus ITB itu, Eko menjelaskan program tersebut sejalan dengan kebijakan CSR Bank Bukopin yang difokuskan ke bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan, kesehatan, dan lingkungan. 

Oleh sebab itu, dia juga mengharapkan layanan ambulans ini akan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh keluarga besar ITB dan masyarakat sekitar.

"Memilih CSR ambulans itu ciri khasnya bank Bukopin. Alhamdulillah di Bank Bukopin itu 75% kantor cabang Bukopin pasti ada ambulannya. Itu sudah ciri khas kami sebagai salah satu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat adalah dengan penyediaan ambulans," katanya.

Di sisi lain, dalam agenda penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan antara Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Eko Rachmansyah Gindo dengan Rektor Institut Teknologi Bandung Kadarsah Suryadi.

Rektor Institut Teknologi Bandung, Kadarsah Suryadi menyampaikan, kerja sama yang dijalin ini merupakan langkah baik dalam meningkatkan program pendidikan Bank Bukopin. Apalagi Kadarsah menilai perkembangan era digital terkait skill masa depan bakal terus meningkat. 

"Kami harus definisikan lapangan kerja di yang akan datang seperti apa? Lapangan kerja yang akan hilang seperti apa? Nah maka dalam program pendidikan internal ini lah kami ingin bantu Bukopin dalam menyiapkan SDM masa depan," kata Kadarsah.

Dengan kata lain kerja sama ini, menurut Kadarsah, ITB akan berkontribusi meningkatkan kemampuan skill manajerial Bank Bukopin dengan pendidikan intenal. Dalam pendidikan ini pihaknya pun akan menambahkan materi internal future skill atau keahlian masa depan. Hal ini penting, guna para calon pemimpin Bukopin mempunyai kesiapan untuk mengadapi masa depan.

"Di Bank Bukopin ada staf manajemen maupun para pimpinan middle manajemen yang perlu diupgrade keahliannya. Bank Bukopin dengan kolaborasinya bersama perguruan tinggi bisa menyelenggarakan pendidikan dan pelatihannya di kampus. Program pendidikan internal saya kira sesuatu yang baik dan kami menyambut program ini. karena sebentar lagi era digital akan masuk betul-betul 100%," ujarnya.

AYO BACA : 7 Fitur Canggih Yamaha FreeGo

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox