Perangi Narkoba, Kota Bogor Mesti Punya BNN
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 28, 2018 | 17:50 WIB
Perangi Narkoba, Kota Bogor Mesti Punya BNN
Sekda Kota Bogor saat pemusanahan Narkotika di Kantor Kejari, Rabu (28/11/2018). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor, Yudi Indra Gunawan mengatakan Kota Hujan sudah selayaknya mempunyai Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memerangi peredaran barang terlarang tersebut.

"Tentu sudah harus ada BNN," ujar Yudi usai pemusnahan barang rampasan hasil kejahatan tahun 2018 di halaman kantor Kejari Kota Bogor, Rabu (28/11/2018).

Dibutuhkannya BNN hadir di Kota Bogor lantaran tindak kejahatan penyalahgunaan narkoba sudah memprihatinkan dimana pada tahun 2018 saja 70% pelaku yang terlibat adalah generasi muda penerus bangsa yang bertindak sebagai pemakai, pengedar dan perantara.

AYO BACA : Kota Bogor Integrasikan Pemahaman Bahaya Narkoba dalam Mata Pelajaran

"Penyalahgunaan narkoba itu yang penting adalah adanya kegiatan mengantisipasi, penyuluhan. Kami sebagai pejabat hanya melakukan represif atau penindakan, sementara kaitan dengan penyuluhan dan pembinaan (oleh BNN) jauh lebih penting," ujar Yudi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan belum dibentuknya BNN Kota Bogor lantaran belum mendapatkan rekomendasi dari BNN pusat.

"Sampai hari ini belum direkomendasikan. Sampai hari ini yang ada kelembagaan di Kota Bogor itu BNK yaitu Badan Narkotika Kota Bogor," ujar Ade.

AYO BACA : Narkoba Jadi Salah Satu Problem Terbesar Kabupaten Bogor

Menurut Ade belum direkomendasikannya Kota Bogor untuk dibentuk BNN diperkirakan karena adanya daerah lain yang lebih mendesak untuk dibentuk padahal menurutnya Kota Bogor juga membutuhkan.

"Mungkin masih ada daerah lain yang harus didulukan dan karena Bogor masih dekat dengan BNN Kabupaten Bogor mungkin berpikir ini bisa diback-up oleh BNN Kabupaten Bogor," kata Ade.

"Mungkin ini perlu ada konsultasi dengan pihak BNN agar di Kota Bogor ini yang juga cukup rawan segera di bentuk BNN," tambahnya.

Terkait kesiapan Kota Bogor sendiri menurut Ade pihaknya sudah sangat antusias. Segala persyaratan yang ditetapkan untuk mendirikan BNN termasuk anggaran sudah dipersiapkan.

"Saya ingin di Kota Bogor terbentuk BNN. Kami punya semangat itu, ketika misalnya ada persyaratan lahan 1.000 meter, lebih dari 1.000 meter sudah kita siapkan. Kemudian kepengurusan dan calon ketua juga sudah diusulkan namun sampai hari ini belum ada BNN Kota Bogor," kata Ade.

AYO BACA : Kejahatan Penyalahgunaan Narkoba di Bogor Didominasi Anak Muda

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox