Berkat Kuasai 4 Bahasa Asing, Pedagang Cincau Ini Menjadi Viral
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 02, 2018 | 16:10 WIB
Berkat Kuasai 4 Bahasa Asing, Pedagang Cincau Ini Menjadi Viral
Nanang Sukandar alias Mr. Nanang, penjual es cincau yang fasih berbicara 4 bahasa asing. (Husnul Khatimah/ayobogor).

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Es Cincau Kelapa Muda Mr. Nanang Minuman Tradisional Khas Bogor. Itulah sepenggal kalimat yang tertera di gerobak seorang pedagang es cincau di Jalan Pajajaran milik Nanang Sukandar yang akrab disapa Nanang.

Nanang bukan sembarang pedagang cincau. Pria tersebut, fasih berbicara bahasa Inggris, Jerman, Belanda dan Spanyol. Keahliannya berbahasa asing ini membawa banyak keuntungan baginya. Bukan hanya bisa berkomunikasi dengan warga negara asing tapi juga menjadi penarik pelanggan baginya.

Banyak pembeli yang mengetahui Nanang fasih berbahasa asing, salah satunya adalah Siska Yulandari. Siska yang telah menjadi pelanggan Mr. Nanang ini sering jauh-jauh datang dari Cibinong ke Kota Bogor hanya untuk membeli es cincau racikan Nanang.

Awalnya Siska penasaran usai melihat sebuah acara talk show di salah satu stasiun televisi swasta yang mengundang Nanang sebagai bintang tamu.

"Karena penasaran itu langsung datang lihat kesini. Saya sering kesini juga karena ingin menunjukkan kepada anak-anak saya yang bersekolah bahwa pak Nanang ini bisa berbahasa asing jadi supaya anak-anak jadi termotivasi untuk belajar bahasa asing juga," kata Siska di lapak es cincau Mr. Nanang.

Siska hanyalah salah seorang pelanggan yang tertarik datang ke lapak es cincau Mr. Nanang karena keahlian Nanang berbahasa asing, menurut Nanang banyak yang datang membeli dagangannya karena penasaran dengan sosoknya yang mampu berbicara 4 bahasa asing itu.

"Pengalaman bapak memang banyak yang datang membeli es cincau bapak karena mengetahui bapak bisa bahasa asing, mereka bilang tahunya bapak bisa bahasa asing dari berita atau internet," kata Nanang.

Menurut Nanang, awalnya informasi mengenai dirinya yang fasih berbahasa asing tersebar melalui sebuah unggahan video di YouTube. Dalam unggahan video itu, Nanang tengah berbicara bahasa asing yang direkam oleh salah seorang pembeli.

"Jadi dari YouTube itu mungkin banyak yang penasaran jadi mereka langsung datang kesini," kata Nanang.

Kemampuannya berbahasa asing tersebut, tidak hanya membuanya menjadi tenar sebagai pedagang es cincau yang fasih menggunakan empat bahasa asing. Namun dengan kemampuannya itu ia pernah mendapatkan tawaran untuk bekerja sebagai guru bahasa asing di Malaysia.

"Setahun yang lalu pernah datang orang Malaysia ngajak bapak jadi pengajar di Selangor namun bapak tolak karena bapak waktu itu berpikiran ingin mengembangkan usaha ini dulu dan kemudian kalau modal sudah ada ingin membuka usaha kuliner di Bogor," kata Nanang.

Pada masa SMK Nanang juga sempat berkunjung ke Inggris atas undangan salah seorang temannya. Selain berjualan es cincau, Nanang juga beprofesi seorang guru honorer di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Hujan.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox