Mr. Nanang, Pedagang Es Cincau yang Fasih Empat Bahasa Asing
Oleh Husnul Khatimah, pada Nov 02, 2018 | 13:20 WIB
Mr. Nanang, Pedagang Es Cincau yang Fasih Empat Bahasa Asing
Mr. Nanang, pedagang es Cincau yang menguasai empat bahasa asing. (Husnul Kahtimah/ayobogor).

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Bagi warga Bogor yang ingin membeli es bisa mendatangi Jalan Pajajaran. Di sini mudah ditemukan para pedagang cincau yang menjajakan dagangannya sejak pagi hingga sore.

Dalam deretan pedagang cincau di Pajajaran itu, ada seorang pedagang yang jago bicara bahasa Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol. Dialah Nanang Sukandar (52) atau dikenal dengan nama sebutan Mr. Nanang.

Jika kebetulan membeli es cincau di lapak Mr. Nanang jangan terkejut jika sang penjual melayani dengan bahasa asing karena Nanang memang sering melakukan itu untuk sekedar bercanda atau menghibur pelanggannya.

"Saya senang berbicara bahasa asing sama pembeli, banyak sudah yang saya ajak ngomong bahasa Inggris. Kadang ada yang bales pake bahasa Inggris, kadang ada juga yang kaget heran saya bisa bahasa Inggris," ujar Nanang.

Nanang menceritakan, kemampuan bahasa asing yang dikuasainya itu dipelajari saat menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. Dia mempelajarinya secara otodidak melalui buku-buku pintar berbahasa Asing.

Awalnya Nanang berhasil menguasai bahasa Inggris dan tak puas 3 bahasa asing lainnya juga dipelajari.

"Dulu waktu SMP saya juga sempat belajar beberapa bahasa asing lainnya seperti Perancis, Italia tapi itu gak fasih hanya beberapa kata saja. Kalau yang empat bahasa itu Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol insyaallah sudah fasih," aku Nanang.

Pria yang juga bekerja sebagai guru honorer untuk mata pelajaran matematika dan kimia di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Hujan ini, mengaku termotivasi untuk menguasai bahasa asing karena kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

"Saya senang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dan dulu itu banyak buku-buku ilmu pengetahuan alam dan teknologi itu berbahasa Jerman dan Belanda karena itulah bapak termotivasi belajar bahasa asing supaya bisa belajar ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam buku bahasa asing," kata Nanang.

Dalam mempelajari bahasa asing itu bukan berarti Nanang tidak menemui kendala. Dia sempat jenuh menghafal kata-kata asing. Namun tekadnya yang keras untuk bisa belajar ilmu pengetahuan alam dan teknologi dari buku berbahasa asing membuatnya tak berhenti terus belajar.

Kini, berkat bahasa Asing yang dia kuasai banyak manfaat yang didapatkan. Selain bisa berkomunikasi dengan dengan warga negara asing, dia juga pernah mendapatkan tawaran dari seorang warga Malaysia untuk bekerja sebagai guru bahasa Asing di Selangor. Namun hal itu ditolak, karena dia ingin mengembangkan kuliner yang digelutinya saat ini. 

"Waktu itu pernah juga diundang  dulu waktu saya masih SMK, bapak ada orang Inggris yang mengundang bapak untuk bekerja disana dan sempat kesana beberapa waktu namun balik lagi karena waktu itu belum kepikiran untuk bekerja di luar negeri kalau sekarang ada tawaran lagi mungkin bapak pertimbangkan," pungkas Nanang.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox