Seorang Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Istana Presiden
Oleh Husnul Khatimah, pada Oct 24, 2018 | 15:14 WIB
Seorang Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Istana Presiden
Seorang Guru Honorer Jalan Kaki dari Indramayu ke Istana Presiden. (ayobogor.com/Husnul)

AYO BACA : Geopark Pongkor Bogor Menuju Geopark Nasional

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Seorang guru tenaga honorer asal Indramayu, Sukma Umbara (31) melakukan aksi jalan kaki dari Indramayu menuju Istana Presiden, Jakarta dan pada Rabu (24/10/2018) Sukma telah sampai di Kota Bogor.

Dalam aksi jalan kaki itu sukma yang telah 13 tahun menjadi honorer terlihat menggenakan sendal gunung lengkap dengan kaos kaki sambil membawa sebuah bendera PGRI, tas ransel dan ikat kepala bertuliskan aksi jalan kaki guru honorer.

Sukma tiba di Kota Hujan tepatnya di kantor Dinas Pendidikan Kota Bogor di Jalan Padjajaran sekira pukul 12.00 WIB. Sukma singgah ke kantor Disdik untuk beristirahat sejenak dan akan kembali melanjutkan perjalanan.

Sukma mengaku telah berjalan kaki dari Indramayu selama sembilan hari. Aksi jalan kaki dia lakukan agar bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menyuarakan nasib para guru honorer.

"Saya jalan kaki sejak tanggal 15 Oktober berarti sudah hari ke-9. Ini aksi atas dasar keinginan sendiri yang intinya menyuarakan honorer se-Indonesia agar diangkat jadi PNS tanpa tes baik kategori 2 maupun non K2," ujar Sukma kepada ayobogor.com di sela-sela waktu istirahatnya di kantor Disdik Kota Bogor.

Dia mengaku selama sembilan hari berjalan kaki kondisi kesehatannya masih dirasakan baik dan tetap bersemangat untuk menuju Istana Presiden. Meski demikian pada saat awal perjalanan dimulai dia sempat susah untuk tidur bukan karena kelelahan namun karena ingin cepat bertemu Jokowi agar segera bisa memperjuangkan nasib para guru honorer.

"Waktu hari pertama sampai hari ke lima kurang tidur, tidurnya jam satu malam bangun jam empa. Mungkin saking memikirkan nasib teman-teman jadi saya jalan terus dan kurang tidur," kata Sukma.

Dia mengatakan setiap melewati daerah yang dia lalui Sukma mendapatkan sambutan hangat dari para guru honorer setempat untuk mengajak beristirahat dan memberikan bekal. Hal ini menurut Sukma merupakan bentuk dukungan atas aksi yang dilakukannya.

Selain mendapatkan bekal dan mengajak beristirahat, para guru honorer yang dia temui di setiap daerah banyak pula yang menitipkan surat untuk presiden yang isinya adalah menyuarakan guru honorer untuk diangkat menjadi PNS.

"Saya mudah-mudahan bisa bertemu presiden untuk menyampaikan beberapa amanah dari teman-teman yang isinya intinya ingin diangkat jadi PNS. Insyaallah kalau diperbolehkan masuk untuk ketemu beliau saya akan berikan amanah itu," kata Sukma.

Sukma berharap bila dapat bertemu dengan presiden keinginan dirinya dan para guru honorer untuk diangkat menjadi PNS tanpa melewati tes dapat dikabulkan.

AYO BACA : bank bjb Syariah Luncurkan Dua Produk Terbaru

Editor : Rizma Riyandi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox