Awal Tahun, Puncak Musim Hujan Terjadi di Jawa Barat
Oleh Husnul Khatimah, pada Oct 22, 2018 | 17:15 WIB
Awal Tahun, Puncak Musim Hujan Terjadi di Jawa Barat
Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi BMKG Dramaga, Hadi Saputra menjelaskan potensi cuaca ekstrem. (Husnul Khatimah/ayobogor).

DRAMAGA, AYOBOGOR.COM--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga Bogor memprediksi puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada awal tahun 2019.

"Puncak musim hujan antara Januari-Februari hampir semua wilayah ada potensi curah hujan yang tinggi pada musim hujan itu," ujar Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi BMKG Dramaga Bogor, Hadi Saputra kepada ayobogor, Senin (22/10/2018).

Hadi mengatakan, memasuki bulan Oktober ini Jawa Barat tengah memasuki masa peralihan cuaca. Masa ini diperkirakan akan terjadi hingga November atau Desember.

"Ini musim hujan sebenarnya agak mundur harusnya awal Oktober sudah musim hujan. Tapi karena fenomena el nino lemah makanya hujan mundur," ujar Hadi.

Menurutnya, pada musim peralihan ini berpotensi terjadinya cuaca ekstrem seperti di Bogor. Cuaca ekstrem yang dimaksud adalah terjadinya petir, hujan lebat secara tiba-tiba dan angin kencang bahkan hujan es.

Musim hujan di wilayah JabarĀ  akan dimulai dari wilayah Bogor dan Sukabumi kemudian akan berlanjut ke wilayah lainnya.

"Musim hujannya dimulai dari Bogor, Sukabumi disitu nanti merembet ke wilayah tengah seperti Bandung terus ke selatan dan Utara atau wilayah Pantura, Pantura itu paling terakhir masuk musim hujan, mungkin bulan Desember," ujar Hadi.

Hadi memperkirakan musim hujan di wilayah Jabar ini akan berlangsung hingga April. Pada bulan itu akan kembali terjadi peralihan musim yakni musim hujan ke musim kemarau.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox