Masyarakat Kota Bogor Bebersih Sungai Ciliwung
Oleh Husnul Khatimah, pada Oct 17, 2018 | 21:08 WIB
Masyarakat Kota Bogor Bebersih Sungai Ciliwung
Masyarakat dan aparatur Sipil Negara Kota Bogor yang dipimpin Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan Bebersih Sungai Ciliwung yang dipusatkan di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (17/10/2018). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Masyarakat dan Aparatur Sipil Negara Kota Bogor yang dipimpin Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan  Bebersih Sungai Ciliwung yang dipusatkan di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (17/10/2018).

Bima Arya mengatakan bebersih sungai Ciliwung merupakan tanda dimulainya program naturalisasi atau penataan sungai tersebut.

AYO BACA : Enam Langkah Penataan Sungai Ciliwung

Menurutnya, tidak ada kata terlambat sebab, ini adalah sesuatu hal yang ditunggu-tunggu warga, ini adalah komitmen pemerintah pusat untuk program naturalisasi sungai yang ada di Bogor, diantaranya Sungai Ciliwung, Cisadane dan aliran sungai yang lainnya.

“Dan mari kita fokus pada sungai yang ada di Kota Bogor, utamanya sungai Ciliwung,” kata Bima disela-sela acara bebersih sungai.

AYO BACA : Penataan Sungai Ciliwung Dimulai Dengan Aksi Bebersih

Bima mengatakan, ada 3 target yang dicapai dari kegiatan naturalisasi Sungai Ciliwung, yaitu memastikan kualitas hidup warga agar menjadi lebih baik, mewujudkan wisata air terintegrasi dan mencegah terjadinya bencana, khususnya bencana banjir.

Untuk itu ada 6 langkah yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, diantaranya melakukan sosialisasi dan kampanye naturalisasi Ciliwung kepada warga, melaksanakan penegakan hukum, melaksanakan aksi bersih secara rutin.

Langkah lainnya adalah melaksanakan kebijakan mikro untuk memastikan ada hal yang dilakukan jika ada yang membuang limbah ke Sungai Ciliwung, sementara untuk kebijakan makro dengan memastikan kegiatan dinas agar difokuskan pada program naturalisasi Ciliwung.

“Semua dinas akan dilibatkan. Dengan fungsi dan perannya, dinas-dinas diharapkan mampu memberdayakan masyarakat. Jadi kegiatan ini tidak akan putus karena ada dibawah gugus tugas, sehingga akhir tahun ini akan terlihat perubahannya. Bagi semua yang bekerja dan memperlihatkan hasilnya, kita akan berikan reward (penghargaan),” kata Bima.

AYO BACA : Tiga Agenda Program Penataan Sungai Ciliwung

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox