Diduga Cemari Sungai Cileungsi, 4 Bangunan Disegel
Oleh Husnul Khatimah, pada Oct 03, 2018 | 18:00 WIB
Diduga Cemari Sungai Cileungsi, 4 Bangunan Disegel
Penyegelan empat bangunan yang membuang limbah ke Sungai Cileungsi Kabupaten Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor).

CIlEUNGSI, AYOBOGOR.COM--Sebanyak empat bangunan disegel oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor karena diduga telah mencemari sungai Cileungsi dengan membuang limbah industri.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi (KP2C), Puarman yang juga ikut mendampingi DLH dalam penyegelan mengatakan empat bangunan itu berada di dua desa yang berbeda.

\"KP2C mendukung sepenuhnya dan mengapresiasi langkah tegas DLH Kabupaten Bogor atas penyegelan 4 lokasi buang limbah industri, dua bangunan berlokasi di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri dan dua bangunan berlokasi di Desa Kembang Kuning, Klapa Nunggal,\" ujar Puarman, Rabu (3/10/2018).

Puarman menuturkan, berdasarkan laporan DLH Kabupaten Bogor keempat perusahaan tersebut masing-masing terindikasi tidak memiliki izin Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL), masa berlaku izin IPAL habis dan IPAL dalam perbaikan.

AYO BACA : Bima Arya: Kota Bogor Awali Porda Jabar dengan Baik

\"KP2C meminta pihak terkait untuk mendesak perusahaan agar secepatnya mengurus kelengkapan surat perizinan IPAL hingga batas waktu tertentu, dan selanjutnya diambil tindakan hukum oleh instansi terkait manakala persoalan IPAL mereka belum juga diselesaikan,\" kata Puarman.

Pihaknya berharap penyegelan berlangsung hingga keempat perusahaan tersebut benar-benar kembali patuh terhadap cara-cara pengelolaan IPAL sesuai ketentuan yang berlaku.

Selama perusahaan belum mampu melakukan pengolahan limbah sesuai prosedur, KP2C juga meminta agar limbah keempat perusahaan ditangani oleh pihak lain yang memiliki IPAL sesuai ketentuan.

Kemudian KP2C dikatakan Puarman juga mendukung terbitnya SK Bupati Bogor tentangĀ  pembentukan tim gabungan penanganan pencemaran terhadap sungai Cileungsi tahun 2018.

\"SK tersebut diharapkan mampu memecahkan dan menguraiĀ  persoalan dugaan pencemaran Sungai Cileungsi yang semakin meningkat dalam dua bulan belakangan,\" tandasnya.

AYO BACA : Wushu Sumbangkan Medali Emas Pertama Kota Bogor di Porda Jabar

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox