Normalisasi Sungai Ciliwung, Kota Bogor Fokus Pengelolaan Sampah
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 26, 2018 | 18:53 WIB
Normalisasi Sungai Ciliwung, Kota Bogor Fokus Pengelolaan Sampah
Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah di Pasar Bogor, Rabu (26/9/2018). (Husnul Khatimah/ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah di Pasar Bogor, Rabu (26/9/2018). Kunjungan dimaksudkan untuk rencana pengelolaan sampah kaitan dengan normalisasi Sungai Ciliwung.

\"Kita akan melaksanakan suatu kegiatan, fokusnya adalah pengelolaan sampah di sekitar Istana, Kebun Raya, Pasar Bogor dan sekitarnya utamanya adalah normalisasi Ciliwung yang mengalir di pusat kota,\" ujar Bima di Pasar Bogor, Rabu (26/9/2018).

Bima mengatakan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) saat ini tengah difokuskan oleh Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) dan karena Kota Hujan adalah salah satu daerah yang terdapat DAS maka terlibat menyukseskan normalisasi tersebut.

\"Saya dan Danrem kemaren rapat di Wantanas, Wantanas sekarang sedang fokus dengan normalisasi DAS. Di Bogor karena ada DAS kita fokus kesitu (pengelolaan sampah). Jadi mulai dari jalan Riau sampai Sempur akan kita mulai fokus untuk kita benahi sampahnya, kebersihannya,\" kata Bima.

AYO BACA : Bertanding di Asian Paragames Atlet Disabilitas Minta Dukungan

Dia mengungkapkan salah satu kebijakan pengelolaan sampah yang akan dijajaki adalah mengelola sampah plastik menjadi kain. Bentuk pengelolaan seperti ini telah dicobakan di salah satu daerah di Jakarta.

\"Mereka volumenya sudah puluhan ton yang di kelola. Saya inginĀ  mencoba menjajaki untuk melakukan hal itu disini, sampah plastik itu di olah jadi kain, kita jajaki kerjasama hal itu dengan teman-teman yang telah melakukan di Jakarta,\" kata Bima.

Berdasarkan data, jumlah volume sampah yang dihasilkan oleh pasar Bogor sendiri juga cukup banyak sehingga dibutuhkan suatu mekanisme pengelolaan sampah.

\"Volume sampah kurang lebih sehari dua belas sampai lima belas ton per hari jadi kita ingin mulai edukasi ke warga termasuk (mulai) mekanisme pengelolaan sampah di pasar Bogor,\" tandas Bima.

AYO BACA : Reklame Tak Berizin di Kota Bogor Dirobohkan

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox