Hoax dan Ujaran Kebencian Jadi Perhatian Polisi di Pilpres
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 19, 2018 | 21:20 WIB
Hoax dan Ujaran Kebencian Jadi Perhatian Polisi di Pilpres
Kapolres Bogor AKBP Andy Mochamad Dicky memeriksa kesiapan personel dalam apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata di Lapangan Mako Polres Bogor, Rabu (19/9/2018). (Husnul Khatimah/ayobogor.com)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden tahun 2019, Polres Bogor menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata di Lapangan Mako Polres Bogor, Rabu (19/9/2018).

Kapolres Bogor AKBP Andy Mochamad Dicky mengatakan pemungutan suara akan dilaksanakan 8 Bulan yang akan dating. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan operasi awal yakni Cipta Kondisi seperti Patroli.

Selain cipta kondisi dalam pengamanan penyelenggaraan Pilpres, pihaknya juga akan mengawasi ujaran kebencian dan penyebaran berita-berita hoax.

“Hoax dan Ujaran Kebencian itu akan menjadi salah satu perhatian dari kita. Ada undang-undang yang mengatur seperti UU ITE dan KUHP atau bahkan sampai Undang-Undang Pemilu,” kata Dicky.

AYO BACA : Kota Bogor Gelar Deklarasi Bersama Pemilu Damai

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan ujaran kebencian dan penyebaran hoax karena petugas akan melakukan tindakan tegas.

"Ujaran kebencian dan hoax ada konsekuensi hukumnya. Jika dibiarkan akan terjadi konflik atau disintegrasi sehingga kepolisian akan menindak tegas terhadap kasus tersebut," kata Dicky.

Kemudian dalam pengamanan Pilpres 2019 ini polisi juga akan mengantisipasi kerawanan kejahatan seperti terorisme, kelompok radikal, dan pelanggaran hukum lainnya.

Dalam pengamanan Pilpres ini Polres Bogor akan menerjunkan 1.900 personel. Kekuatan pengamanan ini belum termasuk TNI, Sat Pol PP, DLLAJ, dan Instansi terkait yang akan turut serta mensukseskan pengamanan pesta demokrasi rakyat.

AYO BACA : Panwaslu: Sejumlah Bacaleg Kota Bogor Curi Start Kampanye

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox