Suryakencana Bakal Jadi Surga bagi Pejalan Kaki
Oleh Husnul Khatimah, pada Sep 06, 2018 | 13:20 WIB
Suryakencana Bakal Jadi Surga bagi Pejalan Kaki
Jalan Suryakencana. (Husnul Khatimah/ayobogor).

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan segera merealisasikan revitalisasi pedestrian Jalan Suryakencana. Pedestrian ini disebut-sebut bakal jadi "Surga Pejalan Kaki" di Kota Hujan setelah pedestrian seputaran Kebun Raya Bogor.

Pembangunan pedestrian di kawasan pecinan tersebut diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp14,7 miliar dan pengerjaan ditargetkan dimulai Oktober tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan pedestrian akan dilebarkan menjadi 2,5 meter untuk sesi pertama. Sesi kedua akan ditambah kembali 1 meter untuk jalur sepeda.

“Jadi total pedestrian 7 meter sisi kanan dan kiri. Sekarang masih tahap lelang. Ditargetkan Oktober sudah bisa dimulai dari selesai di akhir Desember 2018,” ujar Chusnul, Kamis (6/9/2018).

Dengan rencana pelebaran pedestrian tersebut, badan jalan yang bisa dilalui kendaraan menjadi berkurang. Dari awalnya 10 m menjadi 7 m. Kebijakan tersebut diambil Pemkot Bogor agar pedestrian nyaman bagi pejalan kaki.

“Rencana awalnya hanya 2 meter, baik di sebelah kiri maupun sebelah kanan jalan. Tapi pak wali ingin pedestrian lebih lebar agar benar-benar nyaman untuk pejalan kaki, seperti jalan di Braga, Kota Bandung,” kata Chusnul.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan revitalisasi Jalan Suryakencana merupakan proyek besar yang melibatkan banyak dinas. Tujuan dari revitalisasi ini bukan sekadar mempercantik kota saja tetapi menghidupkan ekonomi Kota Bogor.

“Sekarang toko-toko di sana tutup pukul 17.00 WIB.Kalau pedestriannya dilebarkan, pasti mereka akan buka sampai malam dan kita ingin kota ini jadi surga pejalan kaki,” ujar Bima.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Lexi