Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Ditarget Dua Tahun
Oleh Husnul Khatimah, pada Aug 25, 2018 | 15:29 WIB
Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Ditarget Dua Tahun
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Pj Gubernur Jabar M Iriawan usai Dialog Nasional Indonesia Maju di Puri Begawan Bogor, Sabtu (25/8/2018). (Husnul/ayobogor)

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM -- Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menargetkan proyek jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi tuntas dalam waktu dua tahun.

"Tahun ini diselesaikan Cicurug- Cigombong, dalam dua tahun kita selesaikan Bogor Sukabumi," ujar Budi di Bogor, Sabtu (25/8/2018).

Budi menuturkan dalam proyek double Trak jalur kereta Bogor-Sukabumi ini yang paling memakan waktu adalah Cicurug- Cigombong oleh karena itu akan diselesaikan dulu pada dua titik tersebut.

"Yang paling kritis Cicurug Cigombong karena disitu tempatnya mendaki dan membelok oleh karenanya kita akan memangkas gunung dan meratakannya," kata Budi.

Pembangunan jalur ganda Bogor-Sukabumi ini didorong oleh kondisi jalan raya yang menghubungkan kedua daerah itu sangat padat. Dengan dibangunnya jalur ganda diharapkan kepadatan itu akan terurai karena masyarakat punya pilihan moda transportasi lain.

"Kita ingin Sukabumi, Bogor Jakarta terhubung dengan baik sekarang dari Sukabumi Jakarta bisa 6 sampai 7 jam karena padat. Kalau Double Trak selesai masyarakat punya pilihan bisa naik mobil bisa naik kereta api juga," kata Budi.

Dia menambahkan jika proyek jalur ganda telah selesai maka jumlah kereta yang melintas perhari bisa bertambah menjadi 12 kereta sedangkan sebelumnya hanya bisa dilintasi 6 kereta per hari.

Kemudian jika doubel Trak  jalur kereta Bogor Sukabumi telah  selesai nantinya Kemenhub juga akan mengupayakan mengurangi angkutan barang melintas di jalan raya agar kondisi jalan raya tetap tidak mudah rusak.

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox