Akibat Pemindahan Jalur, Jarak Tempuh KRL Bogor-Jakarta Bertambah 10 Menit
Oleh Husnul Khatimah, pada Aug 13, 2018 | 10:27 WIB
Akibat Pemindahan Jalur, Jarak Tempuh KRL Bogor-Jakarta Bertambah 10 Menit
Ilustrasi. (Antara)

BOGOR BARU, AYOBOGOR.COM--Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian melakukan penonaktifan sementara jalur 6 dan 7 di Stasiun Manggarai sehingga jalur KRL lintas Bogor-Jakarta (Bogor line) dipindah ke Jalur 8 dan 9.

Vice Presiden Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia, Eva Chairunisa mengatakan pemindahan jalur dilakukan karena adanya penyelesaian pembangunan proyek double-double track paket A stasiun Manggarai-Jatinegara.

Pemindahan jalur tersebut berdampak pada perubahan pola operasi KRL Bogor Line, dengan bertambahnya waktu perjalanan KRL sekira 5-10 menit.

"Sebagai contoh, waktu perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit," ujar Eva kepada ayobogor.com saat dihubungi melalui pesan singkat," Senin (12/8/2018).

Terkait dengan kondisi tersebut, pemerintah mengharapkan pengertian masyarakat pengguna jasa KRL atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan hingga penyelesaian Pembangunan Stasiun Manggarai.

Menurut Eva, dengan kondisi tersebut para pengguna jasa khususnya lintas Bogor-Jakarta kota, Angke, Kampung Bandan, Jatinegara dan sebaliknya diimbau berangkat lebih awal dari yang sebelumnya.

"Penumpang diimbau agar mengatur kembali perjalanannya dengan memilih keberangkatan lebih awal karena kemungkinan akan terjadi perpanjangan waktu perjalanan khususnya pada saat akan melintas di Manggarai," kata Eva.

Dijelaskan, pada saat selesainya pembangunan Stasiun Manggarai ini, maka akan terjadi pemisahan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter Jabodetabek dan kereta api bandara. Stasiun Manggarai juga akan dibangun menjadi 3 lantai dan penambahan berbagai fasilitas sehingga menjadi stasiun sentral yang modern.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox